Resmi! Tongkat Komando Panglima TNI Beralih Ke Jenderal Agus Subiyanto

JurnalPatroliNews – Jakarta – Jenderal TNI Agus Subiyanto, resmi dilantik menjadi Panglima TNI, menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan menempuh masa pensiun, di Istana Negara Jakarta pukul 08.30 WIB, Rabu (22/11/24).

Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto yang di pimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), diawali pembacaan keputusan Presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Kemudian, Jokowi menyematkan tanda pangkat dan penyerahan tongkat komando.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Jenderal Agus Subiyanto saat membacakan petikan sumpah.

Hadir dalam pelantikan ini di antaranya Menhan Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI sebelumnya Laksamana Yudo Margono, dan Ketua Wantimpres Wiranto.

Nampak pula Ketua DPR RI Puan Maharani serta Wakil Ketua DPR Dasco serta Rachmat Gobel, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Muhammad Ali.

Sebelumnya, Jenderal Agus Subiyanto menjabat sebagai KSAD, yang dilantik pada 25 Oktober 2023 lalu. Selang sebulan, Jenderal Agus Subiyanto kemudian terpilih menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2024.

Jenderal Agus Subiyanto telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR pada Senin, 13 November 2023. Pengesahan pun dilakukan oleh DPR RI pada rapat paripurna, Selasa (21/11/23).

Komentar