Reuters : Investor utama China Dalam Pembicaraan Untuk Mengambil Saham Aramco

Jurnalpatrolinews – Jeddah : Investor utama China sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham di Saudi Aramco, beberapa sumber mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu, ketika perusahaan minyak negara Arab Saudi bersiap untuk menjual bagian lain dari bisnisnya kepada investor internasional.

Arab Saudi sedang dalam diskusi untuk menjual 1% dari Aramco ke perusahaan energi global terkemuka dan dapat menjual saham lebih lanjut termasuk kepada investor internasional dalam satu atau dua tahun ke depan, kata Putra Mahkota Mohammed bin Salman dalam sambutan yang disiarkan televisi pada hari Selasa.

Kepemilikan 1% akan setara dengan sekitar $ 19 miliar berdasarkan kapitalisasi pasar Aramco saat ini.

Dana kekayaan kedaulatan China Investment Corporation (CIC) termasuk di antara mereka yang dapat berinvestasi, dua sumber mengatakan kepada Reuters.

Aramco sedang berbicara dengan CIC, serta perusahaan minyak nasional China, kata salah satu sumber yang dekat dengan CIC. Tak satu pun dari perusahaan China tersebut dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Aramco telah berhubungan dengan investor China selama beberapa tahun dan CIC adalah investor yang paling mungkin, kata sumber kedua dengan dana ekuitas swasta yang didukung negara.

“Kerajaan itu memang memiliki hubungan dekat dengan China,” kata sumber ketiga, yang dekat dengan Aramco. “Pemegang saham utama akan memutuskan apa yang harus dilakukan dengan saham mereka.”

Arab Saudi, pengekspor minyak terbesar dunia, mempertahankan posisinya sebagai pemasok minyak mentah terbesar China selama tujuh bulan berturut-turut di bulan Maret.

Sumber lain mengatakan sebelum pandemi COVID-19, Aramco telah melakukan tur keliling China mencari investor, berbicara dengan semua investor besar negara bagian dengan uang dari luar negeri, tetapi hanya sedikit yang tertarik. CIC dan China Silk Road Fund juga termasuk di antara perusahaan yang mereka dekati.

Aramco, perusahaan minyak terbesar dunia, terdaftar di bursa Saudi pada akhir 2019, mengumpulkan $ 25,6 miliar dalam IPO dan kemudian menjual lebih banyak saham di bawah “opsi sepatu greenshoe” untuk meningkatkan total menjadi $ 29,4 miliar.

“Sekarang ada pembicaraan untuk akuisisi 1% saham oleh perusahaan energi global terkemuka dalam kesepakatan penting yang akan meningkatkan penjualan Aramco di … negara besar,” kata Pangeran Mohammed, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

“Ada pembicaraan dengan perusahaan lain untuk kepemilikan yang berbeda, dan sebagian dari saham Aramco dapat ditransfer ke Dana Investasi Publik (Saudi) dan sebagian terdaftar … di bursa Saudi,” katanya dalam sebuah wawancara yang disiarkan oleh TV marking Saudi. peringatan lima tahun Visi 2030.

IPO Aramco 2019 dipandang sebagai pilar program diversifikasi ekonomi yang bertujuan untuk menarik investasi asing.

Pangeran Mohammed mengatakan dalam wawancara bahwa Riyadh memperkuat hubungannya dengan China, India, dan Rusia, meskipun Amerika Serikat tetap menjadi mitra strategis meskipun ada beberapa perbedaan dengan pemerintahan Biden, yang telah mengambil sikap lebih keras terhadap Arab Saudi.

“China mengatakan Arab Saudi adalah mitra strategis, India mengatakan Arab Saudi adalah mitra strategis dan Rusia juga mengatakan Arab Saudi adalah mitra strategis,” kata pangeran.  (***/. dd – alarby)

Komentar