Rotasi Di Tubuh TNI, Letjen Cantiasa Jadi Waka BIN

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, melakukan Rotasi kepemimpinan 105 perwira tinggi. Salah satu nama, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, yang sebelumnya menjabat Koorsahli KASAD, akan dipromosikan menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru.

Hal ini sesuai Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan, di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, yang dikeluarkan pada tanggal 9 November 2023.

Dalam Skep yang ditandatangani Brigjen TNI Edy Rochmatullah, Kepala Setum TNI, urutan pertama ada namaRotasi Di Tubuh TNI, Letjen Cantiasa Jadi Waka BIN, yang sebelumnya menjabat Koorsahli KASAD, kini ditunjuk menjadi Wakil Kepala BIN, menggantikan Letjen TNI (Purn) Teddy Lhaksmana Widya Kusuma. Tertulis, serah terima jabatan (sertijab) Waka BIN tersebut, menunggu Surat Keputusan Presiden RI Joko Widodo.

Kemudian, posisi Letjen Cantiasa, akan digantikan oleh Letjen Sonny Aprianto, yang sebelumnya Arsintel Panglima TNI, menjadi Koosahli KSAD.

Dalam mutasi dan promosi jabatan dari 105 Perwira Tinggi (Pati) TNI lainnya, jabatan Kepala Sekretariat Militer Presiden (Sesmilpres), yang sebelumnya dijabat Laksamana Muda (Laksda) TNI Hersan, akan diganti oleh Brigjen TNI Rudi Saladin, yang saat ini menjabat Staf Khusus Kasad.

Selanjutnya, terdapat nama Letjen TNI Arif Rahman, yang menjabat sebagai Dankodiklatad, kini ditunjuk menjadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Surat Keputusan yang ditandatangani Panglima TNI, Yudo Margono ini, juga ditembuskan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Komentar