Satgas Yonif 125/Simbisa Kerja Sama Dengan Puskesmas Bagikan Obat Cacing Kepada Siswa

JurnalPatroliNews-Merauke – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa bekerjasama dengan Puskesmas Bupul membagikan obat cacing kepada 120 orang siswa pada kegiatan pembagian Laporan Pendidikan (Rapor Nilai) kepada siswa Sekolah Dasar (SD) YPPK ST. Petrus Bupul, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Sabtu (27/6/2020).

Dansatgas Yonif 125/Simbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat adanya komunikasi dan kerja sama yang baik antara Satgas, Puskesmas dan pihak sekolah YPPK ST. Petrus Bupul.

Tiga orang personel dari Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa yang dipimpin oleh Sertu A. Galingging (Bintara Kesehatans), bergabung dengan Petugas Kesehatan dari Puskesmas Bupul bersama-sama membagikan obat cacing tersebut.

Menurut Dansatgas, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan bagi anak didik khususnya yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Oleh karena itu, petugas di lapangan harus mampu membangun komunikasi dan kerja sama yang baik sehingga setiap pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

“Kami  juga berharap agar warga  yang mau berobat tidak sungkan datang ke Pos Satgas, karena Tim Kesehatan kami selalu siap membantu penanganan kesehatan bagi masyarakat yang ada di sekitar Pos kami,” pungkasnya.

Secara terpisah Asriel Riva Kapa, S.K.M. petugas kesehatan dari Puskesmas Bupul menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan secara berkala. Dijelaskan kepada para siswa bahwa mengkonsumsi obat cacing bermanfaat untuk membunuh cacing yang bersarang dalam tubuh agar cacing tidak berkembang biak di dalam tubuh, sehingga tumbuh kembang anak tidak terganggu. “Salah satu faktor penyebab terganggunya pertumbuhan anak disebabkan oleh karena cacing dalam tubuh yang menyerap nutrisi makanan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah YPPK ST. Petrus Bupul Emanuel Bobby didampingi sembilan orang guru lainnya mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 125/Simbisa dan petugas kesehatan dari Puskesmas atas pemberian obat cacing tersebut. “Obat cacing ini sangat bermanfaat bagi anak-anak didik kami,” katanya.

Komentar