Satire, Muncul Petisi  Bikin Heboh! Warga Negara NATO Ini Mau Caplok Wilayah Rusia

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Sebuah petisi menghebohkan warga di Republik Ceko. Ini disebabkan isi petisi itu yang meminta Pemerintah Praha untuk mencaplok wilayah Rusia di Laut Baltik, Kaliningrad.

Mengutip New York Post, Kamis (6/10/2022), petisi yang diyakini merupakan bentuk satire itu muncul sebagai reaksi atas pencaplokan kontroversial Presiden Rusia Vladimir Putin atas 4 wilayah di Ukraina. Bahkan, petisi itu juga meminta agar diadakannya referendum di enklave milik Moskow itu.

“Sudah waktunya untuk membagi Kaliningrad, sehingga saudara-saudara Ceko kita akhirnya memiliki akses ke laut,” kata sebuah unggahan viral yang di-retweet oleh anggota Parlemen Eropa Tomas Zdechovsky.

Unggahan tersebut termasuk peta yang menunjukkan Kaliningrad diukir menjadi dua. Bagian Utara Kaliningrad itu ditandai dengan bendera Ceko dan bagian Selatan ditandai bendera Polandia.

“Kami akan mengadakan referendum untuk menjadikan Kaliningrad Ceko-Polandia. Kami akan mengambil panduan di Krimea.”

Zdechovsky pun kemudian memposting jajak pendapat di Twitter. Sementara ini, 15.000 netizen telah menandatangani petisi itu. Tak hanya itu, sebuah akun media sosial bernama Královec juga telah dibuat dan diikuti 51 ribu pengguna. Nama itu sendiri merupakan nama yang diusulkan untuk mengganti Kaliningrad.

“Setelah referendum yang sukses, 97,9% penduduk Kaliningrad memutuskan untuk bergabung dengan Republik Ceko dan mengganti nama Kaliningrad menjadi Královec,” tulis akun tersebut.

Komentar