Sementara, Prabowo Diurutan Teratas, PDIP-Gerindra-Demokrat Jadi 3 Besar

JurnalPatroliNews – Jakarta – Lembaga survei Median merilis survei elektabilitas partai politik dan bakal calon presiden di Pemilu 2024. Hasilnya, untuk elektabilitas capres, Ketum Gerindra Prabowo Subianto berada di atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kemudian hasil elektabilitas partai menunjukkan PDIP unggul dari partai lainnya.

Survei Median digelar pada 1 hingga 7 Maret 2022 di 34 provinsi Indonesia. Adapun jumlah responden yang diwawancarai yakni 1.200 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error +- 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan survei Median, terekam Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi jika pilpres diadakan pada hari ini dengan 20,1 persen. Kemudian pada urutan selanjutnya diikuti oleh Anies Baswedan dengan 14,4 persen dan Ganjar Pranowo dengan 13,1 persen.

“Ini sementara memang Pak Prabowo masih urutan nomor 1 dengan beberapa kandidat lain yang berdekatan suaranya,” kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun saat memaparkan hasil survei, Selasa (29/3/2022).

Berikut ini elektabilitas tokoh-tokoh jika pilpres diselenggarakan pada hari ini:

Komentar