Sri Mulyani: Lebih dari Rp 105 Triliun APBN Disalurkan ke Tapera

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan ke program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) sudah mencapai lebih dari Rp 105 triliun.

Bapertarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan) kan merupakan legacy dari dulu yang sudah memotong, kemudian dimasukkan di dalam Tapera, tapi APBN itu lebih dari Rp105 triliun sebetulnya sudah masuk di Tapera melalui FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan),” kata Sri Mulyani, dalam rapat kerja dengan Komite IV DPD RI, dikutip Kamis (11/6/2024).

Lebih dari itu, ia menjabarkan setidaknya sudah Rp 228,9 triliun dana dari APBN yang mengalir untuk membantu masyarakat memperoleh rumah melalui skema bantuan kepemilikan rumah itu sejak 2015 ketika namanya dikenal sebagai Bapertarum.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sudah ditanamkan ke program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) mencapai lebih dari Rp 105 triliun.

“Bapertarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan) kan merupakan legacy dari dulu yang sudah memotong, kemudian dimasukkan di dalam Tapera, tapi APBN itu lebih dari Rp105 triliun sebetulnya sudah masuk di Tapera melalui FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan),” ujar Sri Mulyani, dalam rapat kerja dengan Komite IV DPD RI, dikutip Kamis (11/6/2024).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa sejak 2015, ketika program ini masih dikenal sebagai Bapertarum, sudah ada sekitar Rp 228,9 triliun dari APBN yang disalurkan untuk mendukung masyarakat dalam mendapatkan rumah melalui skema bantuan kepemilikan rumah ini.

Komentar