Sudah Kantongi Izin, Presiden Partai Buruh: Stadion GBK Jadi Pilihan Acara ‘May Day Fiesta’ 14 Mei

JurnalPatroliNews – Jakarta – May Day yang akan digelar oleh buruh Indonesia sempat tak jadi digelar di Istora Senayan atau Jakarta International Stadium. Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan agenda tersebut akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Kegiatan di Stadion Utama GBK ini merupakan agenda kedua buruh yang akan diselenggarakan siang hingga sore. Sementara agenda pertama, buruh akan melakukan aksi di gedung DPR dari pagi hingga siang.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan pihaknya telah mendapatkan izin langsung dari Direktur Utama GBK, Rakhmadi Afif Kusumo untuk menggunakan Stadion Utama GBK.

“Sudah dapat izin 2 hari yang lalu. Izin langsung dari Dirut pengelola Kompleks GBK bapak Rakhmadi. Beliau menelpon saya katanya ‘oke setuju’ bahwa Stadion Utama GBK Senayan boleh dan diizinkan digunakan buruh untuk acara May Day Fiesta 14 Mei,” katanya saat dihubungi rekan media, Senin (9/5/2022).

“Tetapi hanya di tribun nggak boleh di lapangan bolanya. Nanti di lintasan atletiknya ada panggung. Selebihnya seluruh buruh di tribun,” jelasnya.

Dia bilang, izin ini diberikan atas dibantu oleh Sekretariat Negara, sebagai otoritas tertinggi pemilik GBK. Pertimbangan menggunakan Stadion Utama GBK ini karena bisa menampung jumlah massa 50 ribu lebih.

“Setelah sebelumnya Istora dan JIS sudah diizinkan tetapi jumlah massanya 50 ribu lebih tidak muat, mobilisasi DPR terdekat maka pilihannya GBK dan sudah diizinkan langsung oleh dirutnya,” tuturnya.

“Pemberian izin stadion utama GBK Senayan atas bantuan yang difasilitasi oleh Setneg, Mabes Polri dan Polda Metro Jaya demi keamanan dan ketertiban acara yang dihadiri lebih dari 50 ribu buruh,” lanjutnya.

Adapun runutan agenda May Day pada 14 Mei yakni Aksi akan dilakukan pada pukul 9.30 – 12.00 WIB dengan mengusung 17 tuntutan isu, agenda kedua merayakan May Day Fiesta pada pukul 12.30 – 17.30 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Komentar