Tegas..! Soal Klaim Wilayah Kepri, TB Hasanuddin: Mahathir Tak Bijak, Batas Wilayah Sudah Final Dan Jangan Dipermasalahkan Lagi!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pernyataan Kontroversial Mahathir Mohamad, Eks Perdana Menteri (PM) Malaysia, soal Malaysia harus klaim wilayah Kepulauan Riau (Kepri), disoroti TB Hasanuddin, Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP. Ia menilai, pernyataan itu tidak tepat, dan semua jelas, mana batas Singapura, Kepri, dan Malaysia.

“Menurut hemat saya, pernyataan itu tidak tepat dan tak bijak. Batas-batas antara Singapura, Kepri (Indonesia), dan Malaysia saat ini sudah final dan tak perlu dipermasalahkan lagi,” ujarnya, kepada wartawan, Selasa (21/6/22).

Ia lantas mengungkit wilayah Malaysia yang pernah diduduki Kerajaan Majapahit. Bahkan sampai saat ini, Indonesia tidak pernah mengungkit atau mengklaim wilayah tersebut.

“Indonesia juga tak pernah mempermasalahkan dan mengungkit-ungkit wilayah Malaysia yang dulu menjadi bagian dari wilayah Majapahit,” ujarnya.

Namun demikian, Dirinya menyerahkan persoalan ini kepada Kementerian Luar Negeri RI. ia juga meminta, Masyarakat tidak terpancing atas pernyataan Mahathir tersebut.

“Kita tak boleh terpancing oleh pendapat yang dapat memancing ketegangan di wilayah ini. Soal (sikap) Kemlu, ya terserah Kemlu saja,” ucapnya.

Diketahui, Mahathir Mohamad, melontarkan pernyataan Kontroversialnya, dengan menyebut, Malaysia seharusnya mengklaim Singapura dan Kepulauan Riau yang merupakan wilayah Republik Indonesia.

Ia kemudian juga menyatakan, bahwa Singapura sebelumnya dikuasai oleh Johor, dan sebagai wilayah Johor, Malaysia seharusnya menuntut agar Singapura dikembalikan kepada Malaysia.

Komentar