Terima Kunjungan Jenderal Bintang Tiga Deputy Commander US.Indopacom, Pangkogabwilhan III: Strategi Membangun Komunikasi Dan Kepercayaan

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han), Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, menerima kunjungan resmi (Courtesy Visit) Deputy Commander US.Indopacom (Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat), Letjen (LTG) Stephen D. Sklenka beserta rombongan, di Makogabwilhan III, Komplek Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (17/11/22) silam.

Cantiasa membeberkan, dalam pertemuan tersebut, ada beberapa pembahasan dan diskusi. Terutama kerjasama Latihan Militer antar Negara yang sudah meningkat, bukan hanya sebatas Bilateral tapi sudah Multirateral, seperti ‘Latihan Super Garuda Shield’ yang melibatkan 13 Negara, yang melibatkan unsur dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, beberapa waktu yang lalu di Indonesia.

Pangdam XVIII/Kasuari ke-3 periode 2020-2022 itu, mengatakan, capaian ini adalah proses panjang yang dibangun oleh para Pimpinan kita, Bapak Jenderal TNI Andika Perkasa, Panglima TNI, yang merupakan kerjasama Pertahanan Indonesia dengan beberapa Negara di kawasan Asia Pacifik, khususnya US, yang diawali dengan strategi membangun komunikasi dan kepercayaan, baik itu Strategi Dialog, kunjungan (Visit Officer), maupun beberapa kegiatan kerjasama, secara Intens kedua Negara.

Danjen Kopassus ke-31 pada 2019-2020 ini, lebih lanjut, memberikan Apresiasi yang tinggi, atas pelaksanaan Latihan ‘Super Garuda Shield’ Tahun 2022, yang telah Sukses, sehingga meningkatkan Capacity Building, kerjasama, dan latihan, antara TNI dan US.Indopacom.

Sementara itu, LTG Stepen D. Sklenka, menyampaikan ucapan terimakasih, atas sambutan dan Apresiasi kerjasama militer, yang terus meningkat untuk kedua Negara. Ia menyebut, selain Latihan ‘Super Garuda Shield’, kita sudah masuk Latihan bersama ‘Gema Bhakti’, yang pada saat ini, sudah berlangsung sejak tahun 2022, berupa Staff Exercise, antara TNI dan US.Indopacom, serta juga melibatkan Personel Kogabwilhan, agar dapat berkesinambungan, dalam mendukung latihan ‘Super Garuda Shield’ yang akan datang.

Hal ini dimaksud, agar para Perwira sudah Familier dalam kegiatan staf, dan penyusunan rencana Operasi dalam latihan ‘Super Garuda Shield’ tahun 2023.

Ia menambahkan, Latihan bersama yang selama ini sudah dilaksanakan antara TNI dan US Army, telah memberikan kontribusi positif antar Angkatan bersenjata. Bagi US Army, latihan di Indonesia telah memberikan pengalaman baru, pengenalan budaya, dan hubungan Interpersonal, yang sangat baik antara US Army dan TNI. Latihan bersama ini, juga telah membuka wawasan dan pengalaman baru bagi Anggota Prajurit, baik dari TNI maupun US Army.

Dalam hal ini, Pangkogabwilhan III, yang memiliki tanggung jawab wilayah, mulai dari Maluku, sampai dengan Papua, yang bersentuhan langsung dengan Asia Pasifik, dalam sambutannya, menuturkan, secara umum, penguatan kerja sama Militer kedua belah pihak, perlu ditingkatkan, untuk menjaga Stabilitas Keamanan dan Perdamaian di kawasan.

Kasdam XVII/Cenderawasih 2017-2018 ini, juga menyinggung tentang sejarah PD II. Yaitu saat pendaratan US Army, yang dipimpin General Douglas Mc.Artur di Morotai, tahun 1944, dengan kekuatan 9 Divisi, adalah merupakan wilayah Teritory Kogabwilhan III.

“itu menjadi sejarah fenomenal, tentang pendaratan sekutu di wilayah Indonesia,” pungkasnya.