Ternyata dari Satu Almamater! Soal Kandidat Capres-Cawapres, UI Kalah Telak dari UGM, Siapa..?

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Mayoritas bakal calon presiden (bacapres) dan kandidat bakal calon wakil presiden (bacawapres) ternyata berasal dari satu almamater yang sama, yakni Universitas Gajah Mada (UGM). Siapa saja nama-nama yang dimaksud?

Saat ini, sudah ada tiga nama yang telah diumumkan menjadi calon presiden (capres), yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Dari ketiga nama tersebut, hanya Anies yang telah mengumumkan pendampingnya, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Example 300x600

Sementara, baik kubu Ganjar maupun Prabowo sejauh ini hanya memberikan sinyal-sinyal mengenai pendampingnya. Ada nama almamater UGM lain yang masuk bursa kuat cawapres tahun depan. Jika kemudian almameter UGM lainnya dipilih maju cawapres maka UGM bisa mewakilkan dua nama capres dan dua nama cawapres tahun depan.

Sederet nama-nama macam Ridwan Kamil, Gibran Rakabuming, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Mahfud MD, Airlangga Hartarto, hingga Sandiaga Uno muncul ke permukaan sebagai pendamping pertarungan politik mereka tahun depan.

Berikut deretan bacapres dan kandidat bacawapres yang merupakan lulusan UGM sebagaimana telah dirangkum, dikutip rekan media. Mari kita mulai dari bacapres dari Partai Demokrasi Indonesia

Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo. Ganjar merupakan lulusan UGM. Ia lulus dari Fakultas Hukum UGM dengan dosen penguji skripsi Prof. Nindyo Pramono. Meskipun demikian, tercatat setelah hampir 15 tahun lulus dari Kampus Biru, Ganjar melanjutkan pendidikanya di Program Pascasarjana (S2) UI, dengan mengambil jurusan Ilmu Politik.

Selanjutnya, bakal calon Presiden Anies Baswedan juga merupakan lulusan UGM di Fakultas Ekonomi lulusan 1995. Dia terpilih menjadi Ketua Senat universitas pada kongres 1992 dan membuat beberapa gebrakan dalam lembaga kemahasiswaan di UGM.

Anies membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai lembaga eksekutif memosisikan senat sebagai lembaga legislatif yang disahkan oleh kongres pada 1993.

Selanjutnya, pendamping Anies dalam gelaran Pilpres 2024, Cak Imin, memperoleh gelar sarjana (S1) di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (Fisip) UGM pada 1991.

Di tengah dominasi UGM di Program Sarjana (S1) para kandidat Bacapres dan Bacawapres, tercatatnya Cak Imin sebagai alumnus master (S2) di bidang manajemen komunikasi di Universitas Indonesia (UI) pada 2001 bisa menjadi semacam oase kampus asal Depok tersebut.

Airlangga Hartarto, yang akhir-akhir ini diisukan akan menjadi bacawapres salah satu kandidat capres, juga sempat kuliah di UGM. Airlangga, yang sedang mengemban jabatan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, merupakan sarjana teknik di jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, UGM.

Selepas dari UGM, Airlangga melanjutkan pendidikan dengan mengikutip Advanced Management Program (AMP) Wharton School, University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat (AS).

Komentar