Timah RI No.2, Dunia, Jokowi Nyesel Ekspor Timah Besar-besaran Larinya Ke China

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengungkapkan kekecewaannya perihal sumber daya alam milik Indonesia yakni komoditas timah. di mana, komoditas terbesar ke-2 di dunia ini masih dijual mentah-mentah ke luar negeri, hususnya ke China. 

Presiden menyesalkan RI masih mengekspor timah besar-besaran, tapi nilai tambah tidak dirasakan negara ini. Padahal, Indonesia merupakan pemilik cadangan timah terbesar ke-2 dunia. Jokowi menyebut, Indonesia merupakan eksportir timah mentah (tin ore) terbesar no.1 di dunia. Sementara China merupakan importir timah terbesar di dunia. Artinya, timah mentah RI besar-besaran diekspor ke China. “Timah ini kita no.1 pengekspor tin ore. Cadangan kita no.2 di dunia. RRT (China) itu importir no.1 untuk bahan mentah timah,” ungkapnya saat Mandiri Investment Forum di Jakarta, Rabu (01/02/2023).

Padahal, bila timah ini diolah lebih lanjut di dalam negeri, maka menurutnya nilai tambah bisa mencapai 69 kali lipat. Oleh karena itu, dia mendorong agar hilirisasi timah di dalam negeri bisa berjalan dan berkembang. “Kalau kita ini buat yang namanya komponen-komponen PCB ini nilai tambahnya bisa 69 kali. Kenapa gak kita buat? Kenapa kita ekspor? Dan yang dapat negara lain lagi,” tuturnya.

Komentar