Tingkat Kepercayaan Naik di Kasus Sambo, Mahfud Md Apresiasi Kapolri Ambil Langkah Tegas!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan tingkat kepercayaan terhadap Kapolri Jenderal Listyo Sigit naik saat proses penanganan kasus Ferdy Sambo. Mahfud mengapresiasi sikap Kapolri yang sudah mengambil langkah tegas.

“Dari perjalanan kasus ini kita sebenarnya bisa mengambil kesimpulan yang sejajar temuan Pak Burhan (Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanudin Muhtadi) tadi, kepercayaan terhadap Polri itu naik, tetapi berbeda kepercayaan terhadap institusi dan Kapolri. Kepercayaan terhadap Kapolri lebih tinggi daripada kepercayaan terhadap institusinya. Nah menurut saya ini benar karena bagaimanapun kasus Sambo itu bisa saja tersendat atau berbelok kalau Kapolri tidak tegas,” kata Mahfud dalam acara konferensi pers rilis survei Indikator Politik secara daring, Minggu (2/10/2022).

“Jadi di sini Kapolri selalu menyesuaikan dengan aspirasi masyarakat misalnya bahwa sekenarionya harus diubah dari tembak menembak menjadi pembunuhan, bahwa harus diautopsi ulang, itu Polri mengikuti terus tuh dan dilakukan. Termasuk aspirasi masyarakat agar misalnya Putri itu ditahan,” imbuhnya.

Mahfud mengatakan penyidikan kasus Sambo kini sudah tuntas usai berkas perkara dinyatakan lengkap atau P21. Mahfud mengajak semua pihak untuk terus mengawal proses hukum kasus Sambo selanjutnya.

“Harapan kita semua setelah (kasus) Pak Sambo rampung, tugas Polri menurut saya selesai, beralih. Oleh sebab itu, kita semua akan mengawal Kejagung,” kata Mahfud.

Komentar