Zelenskyy Dinobatkan Sebagai ‘Person of the Year’, Kremlin Sebut: Cerminkan Tren ‘Russophobia’

JurnalPatroliNews – MOSKOW – Kremlin pada Kamis (8/12/2022) mengatakan keputusan majalah Time yang memilih  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebagai ‘Person of the Year’ mencerminkan tren ‘Russophobia’ di negara-negara Barat.

“Garis editorial publikasi tidak melampaui arus utama Eropa, yang benar-benar buta, anti-Rusia, dan sangat takut terhadap Russophobia,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dikutip AFP.

Komentar tersebut muncul setelah Zelenskyy dinobatkan sebagai ‘Person of the Year’ oleh majalah tersebut pada Rabu (7/12/2022) dan orang “Paling Berpengaruh” di Eropa oleh Politico pada Kamis (8/12/2022).

Time mengatakan pilihannya untuk mencalonkan Zelensky adalah “yang paling jelas dalam ingatan”, memuji keputusan pemimpin untuk tetap di Kyiv dan menggalang kekuatan negaranya di tengah serangan Rusia.

Operasi militer yang dilancarkan Rusia telah terbukti transformatif bagi mantan komedian berusia 44 tahun itu. Namanya melambung usai negaranya mengalami invasi Rusia sejak Februari lalu. Dia menjadi pembawa standar oposisi terhadap pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Dia juga telah menggalang dukungan Barat untuk negaranya dalam panggilan dan pertemuan asing hampir setiap hari.

Putin, yang pernah menjadi ‘Person of the Year’ pada 2007, semakin terisolasi dari Barat.

Komentar