Gelar Aksi Damai, Garuda Minahasa dan Geram Sulut Desak Jokowi Copot Ketua BP2MI

JurnalPatroliNews – Manado – Aksi damai digelar oleh Gerakan Rakyat Menggugat (GERAM) Sulut dan Aliansi Gerakan Generasi Muda Minahasa (GARUDA MINAHASA) berlangsung di Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (1/3/24).

Para demonstran awalnya mengunjungi Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara dengan tujuan untuk mendesak penyelesaian dugaan kasus korupsi terkait anggaran Perjalanan Dinas (SPPD) fiktif Anggota DPRD Sulut pada tahun 2004-2009, yang diduga melibatkan Benny Rhamdani Cs dan lainnya.

Selain itu, mereka juga menekan Kejaksaan Agung Republik Indonesia untuk mencopot pejabat tinggi di Sulawesi Utara serta Kejaksaan Negeri Manado karena dianggap tidak berhasil menangani dugaan korupsi yang melibatkan 40 Anggota DPRD Kota Manado.

Setelahnya, massa menuju Mapolda Sulut dan berdiskusi dengan Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Michael Tamsil.

Kedatangan mereka ke Polda Sulut adalah untuk mengklarifikasi status aduan mereka terkait dugaan pencemaran yang dilakukan oleh Benny Rhamdani.

Ketua Dewan Pembina Aliansi Gerakan Generasi Muda (Garuda) Minahasa, Alvis Metrico Sumilat, menyatakan bahwa meskipun mereka telah melaporkan ke Polda Sulut sebelumnya, respons yang mereka terima tidak memuaskan.

“Bahkan oleh penyidik, kami malah diminta menentukan pasal atas laporannya. Kan ane, kami yang datang melapor, tapi kami yang di suruh untuk mencari pasal atas laporan kami,” ujar Sumilat.

Sumilat berharap aduan mereka bisa diterima sebagai laporan resmi oleh Polri, terutama Polda Sulut.

“Kami sudah konsultasi dengan ahli pidana, dan aduan kami sebenarnya sudah memenuhi unsur, dan laporan kami ini sudah mempunyai legal stending yang bisa di terima,” harap Sumulat.

Sementara itu, Kuasa Hukum Aliansi Garuda Minahasa Noch Sambouw mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Pihak Polda Sulut akan membahas perihal laporan ini untuk menentukan aturan hukum mana yang tepat dan akan dijadikan dasar tindak lanjut dari laporan yang diajukan oleh Garuda Minahasa,” ujar Sambouw.

Komentar