Ini yang Bikin Geng Motor di Cilandak Berani Serang Polisi Secara Brutal

JurnalPatroliNews, Jakarta – Polres Metro Jakarta Selatan menetapkan 3 anggota geng motor sebagai tersangka penyerangan polisi di Cilandak, Jakarta Selatan. Sebenarnya apa yang membuat para pelaku berani menyerang polisi?

“Psikologi massa,” jawab Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah, saat dihubungi detikcom, Jumat (9/7/2021).

Azis memastikan kondisi para pelaku saat menyerang polisi dalam keadaan sadar. Namun, banyaknya kawan pelaku di lokasi kejadian, membuat pelaku berani melawan polisi.

“Keadaannya sadar,” katanya.

Marah Dibubarkan

Sementara itu, Azis mengatakan para pelaku menyerang Iptu Suwardi karena tidak terima dibubarkan. Para pelaku dan kelompoknya saat itu sedang melakukan balapan liar.

“Mereka tidak mau dibubarkan, tidak mau mendengar imbauan dari kepolisian. Ini perilaku brutal yang tidak bisa ditolelir,” katanya.

Saat ditanya apakah para pelaku ini dalam kondisi terpengaruh narkoba, Azis mengatakan pihaknya akan melakukan tes urine terhadap para pelaku terlebih dahulu.

“Ya nanti diteslah (tes urine),” ucapnya.

Lebih lanjut, Azis mengimbau para orang tua pelaku untuk lebih mengawasi anak-anaknya, terutama di masa PPKM darurat ini.

“Kalau orang tuanya nggak bisa ngedidik, (biar) Polres Metro Jaksel yang mendidik,” cetusnya.

3 Orang Jadi Tersangka

Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Ketiganya adalah Michael (26), Gabriella (24), dan Anastasia (21).

“Tersangka merupakan warga Depok. Saat melakukan penganiayaan, pelaku dalam keadaan sadar, tidak mau mendengar imbauan kepolisian. Ini perilaku brutal yang tidak bisa ditorelir,” ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah dalam konferensi pers di Polres Jaksel, Jumat (9/7/2021).

Ketiga tersangka dijerat Pasal 170 KUHP dengan ancaman delapan tahun penjara. Tersangka juga dijerat Pasal 212, Pasal 214, Pasal 207, dan Pasal 316 KUHP.

Peristiwa yang terjadi pada Kamis (8/7) subuh lalu ini, viral di media sosial. Saat itu petugas patroli Polsek Cilandak Iptu Suwrdi melihat kerumunan balapan liar di Jl TB Simatupang, Cilandak, Jaksel.

Melihat hal itu, Suwardi mencoba membubarkan kelompok geng motor tersebut. Namun, bukannya mengikuti perintah petugas, para pelaku malah menyerang Ipru Suwardi.

(dtk)

Komentar