Retas Akun Youtube BNPB, Bareskrim Kejar Pelakunya

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Pelaku Peretasan terhadap akun YouTube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beberapa waktu lalu, kini tengah diselidiki Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kadiv Humas Polri, mengatakan, bahwa pengejaran terhadap pelaku tengah dilakukan dengan pelacakan identitas hacker tersebut.

“Profilling oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber),” ujar Dedi saat dikonfirmasi, Sabtu (11/12).

Dedi belum dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai hasil dari penelusuran yang dilakukan oleh Penyidik Bareskrim tersebut. Termasuk, apakah sejauh ini Penyidik telah berhasil mengidentifikasi pelaku Peretasan itu.

“Masih ditangani, masih penyelidikan,” lanjutnya.

Seperti yang diberitakan, akun YouTube BNPB diretas pada Kamis (9/12) silam. Hingga pukul 10.45 WIB, akun yang telah terverifikasi dengan centang biru itu diretas menjadi akun aset kripto atau mata uang digital Ethereum.

Ketika mencoba mencari akun BNPB di pencarian YouTube, dua Akun teratas yang muncul adalah Ethereum 2.0 namun dengan logo BNPB.

Akun yang semula BNPB itu bahkan tengah melakukan siaran langsung Vitalik Buterin, Pendiri Ethereum.

Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengatakan, hal tersebut sudah ditangani oleh pihaknya dan saat ini sedang dalam Proses pemulihan.

“Iya di-hack, saat ini kami sedang Proses pulihkan akun Youtube nya,” tuturnya kepada wartawan, Kamis (9/12).

Komentar