Wali Kota Bitung Dua Kali “Dicegat” di Batuputih, Petugas: Maaf Ada Kecelakaan Pak

JurnalPatroliNews – Rombongan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri harus dua kali menghentikan motor yang ditunggangi saat menuju Kelurahan Batuputih Bawah Kecamatan Ranowulu, Sabtu (25/09/2021).

Rombongan itu terdiri dari Wali Kota, Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma S Irawan SH SIK MH, Kasdim 1310/Bitung, Mayor Inf Hardi Gue, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bitung, Frenkie Son SH MH, Wakapolres Bitung, Kompol Hendra Dorizen dan Kasat Lantas Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi SIK diberhentikan Petugas Pengamanan Kelurahan Tertib.

Rombongan pertama kali diberhentikan di depan SD Inpres 12/79 Batuputih Atas untuk menyeberangkan siswa sekolah di zebra cross dan kedua kali di pertigaan karena Petugas Pengamanan Kelurahan Tertib sementara mengevakuasi dua warga yang mengalami kecelakaan.

“Maaf, ada kecelakaan Pak. Petugas sementara lakukan penangan,” kata salah satu petugas.

Wali Kota dan rombongan mengendarai sepeda motor usai menggunting pita penanda Launching Kelurahan Tertib Lalu Lintas di gerbang Kelurahan Batuputih Atas menunju lokasi syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 tahun 2021 di Kelurahan Batuputih Bawah.

Dan menurut Awaludin, apa yang ditunjukkan selama perjalanan adalah simulasi peran dan tugas Petugas Pengamanan Kelurahan Tertib yang didalamnya ada Pala, RT, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

“Tidak hanya mengatur lalu lintas, Petugas Pengamanan Kelurahan Tertib ini juga dibekali penanganan saat terjadi kecelakaan seperti pertolongan pada korban dan mendokumentasikan TKP,” kata Awaludin.

Tujuannya kata dia, Kelurahan Batuputih Atas dan Bawah lokasinya tergolong jauh sehingga lewat program Kelurahan Tertib Lalu Lintas masyarakat dibekali langkah-langkah awal penanganan jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, menurutnya, lewat program Kelurahan Tertib Lalu Lintas, masyarakat bisa menjadi pelopor taat berlalulintas untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan itu dimulai dari Kelurahan Batuputih Atas serta Bawah.

“Kelurahan Batuputih Atas dan Bawah adalah kelurahan percontohan kelurahan tertib lalu lintas dan Polres Bitung adalah yang pertama di Sulut melakukannya,” katanya.

Dipilihnya Kelurahan Batuputih Atas dan Bawah selain lokasi yang jauh, menurut Awaludin, dua kelurahan ini adalah destinasi pariwisata yang sudah mendunia sehingga perlu didukung budaya tertib lalu lintas dan taat hukum.

“Program ini telah kita mulai dari bulan Juli dan proses pembentukannya atas inisiatif masyarakat dan kami hanya sebatas mendampingi serta memfasilitasi. Harapannya, kelurahan lainnya di Kota Bitung menyusul agar budaya tertib lalu lintas ini benar-benar terwujud,” katanya.

Komentar