Yunarto Wijaya Komentari, Pernyataan Lieus Sungkharisma Puji FPI, Eh…

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pengamat Politik Charta Politika Yunarto Wijaya mengomentari pernyataan  aktivis sosial Lieus Sungkharisma. Dimana Lieus yang yang juga warga keturunan Tionghoa itu menyebut organisasi terlarang Front Pembela Islam (FPI) pernah mati-matian membela warga keturunan Tionghoa di Indonesia ketika kerusuhan 1998 pecah.

Yunarto Wijaya  lantas menyindir balik Lieus. Sebab kerusuhan  1998 terjadi sebelum FPI berdiri secara resmi. Dihimpun dari berbagai sumber, FPI baru resmi berdiri  pada 17 Agustus 1998 sedang kerusuhan 1998 terjadi pada 4 Mei tahun itu.

“FPI berdirinya kapan, kerusuhan terjadi kapan. Coba aja browsing,” kata Yunarto di akun twitternya seraya membagikan pernyataan Lieus yang dimuat dalam sebuah berita media daring sebagaimana dilihat rekan media, Senin (28/2/2022).

Adapun Lieus mengatakan ketika kerusuhan 1998 pecah, pedagang – pedagang keturunan Tionghoa yang ada di Jakarta kerap mendapat diskriminasi dari berbagai pihak, beruntung kata dia saat itu ada FPI bentukan Rizieq Shihab yang siap pasang badan membela warga Tionghoa. Lieus mengaku kebaikan FPI itu selama ini tidak pernah dimuat media manapun.

“Bahkan 98 (kerusuhan 1998) juga ada yang bilang, ‘waduh, dulu kalau gak ada FPI sih kita punya gudang-gudang itu banyak preman-preman yang malakin ya’, jadi FPI justru yang belain (pedagang tionghoa Indonesia) saat kerusuhan 98,” ujar Lieus menceritakan.

Tidak hanya itu, Lieus bahkan mengaku pimpinan FPI, Rizieq Shihab di mata warga Tionghoa bukan sosok yang menakutkan. Pemuka agama dari Petamburan, Jakarta Pusat yang kini meringkuk di penjara itu disebutnya sangat baik kepada masyarakat Tionghoa ketika itu.

“Habib (Rizieq) itu bukan sesuatu yang menyeramkan bagi kita, bahkan kita selalu menjelaskan ke yang lain-lain (orang lain),” tuturnya.

Komentar