2025! China Luncurkan Misi Perisai Bumi, Tabrak Asteroid Berbahaya

Foto : Ilustrasi Asteroid/CNN Indonesia

JurnalPatroliNews – Jakarta, — China berencana meluncurkan misi penangkal asteroid sebagai bagian dari proyek perisai Bumi. Misi penangkal asteroid ini diperkirakan akan berlangsung pada 2025.

Pada misi tersebut, pesawat antariksa Badan Antariksa Nasional China akan menabrak asteroid yang berpotensi membahayakan. Berpotensi membahayakan sendiri artinya batuan angkasa luar kemungkinan besar menabrak Bumi.

Bacaan Lainnya

Selain hendak meluncurkan misi penangkal asteroid, China juga tengah mengerjakan rencana pertahanan planet Bumi, di antaranya studi dan riset teknis tentang sistem yang bisa digunakan manusia untuk membelokkan asteroid di sekitar Bumi.

Dalam sebuah dokumen yang dirilis Januari lalu, China menjelaskan tujuan dari misinya adalah rencana pembangunan sistem pertahanan objek dekat bumi, dan peningkatan kapasitas pemantauan objek dekat Bumi, katalogisasi, peringatan dini, serta respons selama periode 2021-2025.

Dalam beberapa tahun terakhir, China telah mendapat kecaman dari pemerintahan Biden karena diduga membiarkan jatuhnya booster roket Long March 5B pada 2021.

Proyek pertahanan terhadap asteroid sebelumnya telah dilakukan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Badan Antariksa Eropa (ESA).

Pos terkait