67 Persen Penonton Debat Sepakat Trump Menang

JurnalPatroliNews – AS – Sebuah survei yang dilakukan oleh stasiun televisi Amerika Serikat, CNN, menunjukkan mayoritas penonton debat calon presiden percaya bahwa kandidat dari Partai Republik, Donald Trump, telah keluar sebagai pemenang.

Hasil voting menunjukkan bahwa 67 persen penonton setuju bahwa Trump mengalahkan Joe Biden, yang hanya mendapat dukungan dari 33 persen penonton.

Persentase ini berbeda signifikan dibandingkan dengan hasil voting CNN pada pemilu 2020 lalu, di mana 53 persen penonton menyatakan Biden menang melawan Trump.

Dalam debat calon presiden AS pertama yang diadakan di kota Atlanta pada Jumat (28/6), Biden terlihat kesulitan memberikan tanggapan, bertele-tele, dan kurang bersemangat.

Chris Cilizza, seorang penulis CNN, menilai bahwa debat kali ini merupakan bencana total bagi Biden, yang diragukan kemampuannya karena usianya yang sudah mencapai 81 tahun.

“Dia terlihat tua. Jawabannya sering meleset. Dia sulit dimengerti. Dia berhenti di tengah kalimat dan berpindah ke topik lain. Saya tidak pernah membayangkan dia akan seburuk ini,” ujarnya.

Tim kampanye Biden mengatakan bahwa suara presiden AS terdengar serak karena flu dan sakit tenggorokan.

Wakil Presiden Kamala Harris juga mengatakan kepada CNN: “Ini adalah awal yang lambat namun penyelesaian yang kuat.”

Namun, Ibu Negara Jill Biden memuji suaminya dengan mengatakan: “Joe, kamu melakukan pekerjaan dengan baik! Kamu menjawab setiap pertanyaan. Kamu tahu semua faktanya.”

Survei CNN dilakukan melalui pesan teks dengan 565 pemilih terdaftar yang menyaksikan debat tersebut.

Selain menyoroti pemenang debat, survei CNN juga mengungkap bahwa 57 persen pemirsa tidak yakin bahwa Biden masih mampu memimpin AS, sementara 44 persen menyatakan keraguan serupa terhadap Trump.

Laporan The Independent mengungkap adanya kepanikan di kalangan Demokrat setelah perdebatan tersebut, dengan beberapa orang menyerukan agar Biden diganti sebagai calon dari partai tersebut.

Komentar