Arab Saudi Beri Penghargaan, Platform Haji Pintar Jadi Kebanggaan Kemenag

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Kementrian Agama (Kemenag), mengeluarkan Aplikasi Haji Pintar, yang bisa mengecek nomor porsi keberangkatan, termasuk bisa mengecek keberadaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) serta Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Hilman Latief, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, mengatakan, Platform Haji Pintar ini mendapatkan penghargaan tertinggi dari Saudi Tawfiq F. Al Rabiah, Menteri Haji dan Umrah Arab.

“Alhamdulillah, satu lagi penghargaan diperoleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Haji Pintar didaulat sebagai aplikasi haji terbaik oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (10/1/23).

Hilman menyebut, Apresiasi ini sebagai bentuk pengakuan dari Kerajaan Arab Saudi, atas manajemen penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI.

Ia menambahkan, selama ini manajemen penyelenggaraan ibadah Haji Indonesia, banyak mendapatkan Apresiasi dari sejumlah pihak.

“Setiap penyelenggaraan ibadah haji, kami kedatangan tamu para delegasi haji dari berbagai Negara. Mereka datang untuk sharing, terkait praktik baik penyelenggaraan ibadah haji,” tambahnya.

Ia menuturkan, Aplikasi Haji Pintar ini, dikembangkan Kemenag sebagai bagian dari terobosan, dalam mengefektifkan tata kelola penyelenggaraan ibadah Haji, dan sudah terintegrasi dengan Pusaka SuperApps Kemenag.

“Untuk lebih optimal, Haji Pintar kini sudah terintegrasi dengan Pusaka SuperApps Kementerian Agama,” tandasnya.

Diketahui, Tawfiq F. Al Rabiah, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, menilai, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengkoordinasikan jamaah Indonesia, berlaku disiplin, saat menjalani ibadah haji tahun 2022 di tengah situasi pandemi COVID-19.

Komentar