AS Memperingatkan China Agar Tidak Menyerang Taiwan

Jurnalpatrolinews – Washington : Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperingatkan China pada hari Minggu untuk tidak menyerang Taiwan di tengah meningkatnya ketegangan dan aktivitas di Selat Taiwan.

Menteri Luar Negeri AS, ketika ditanya apakah AS akan membela Taiwan dari serangan daratan, berkata: “Yang bisa saya katakan adalah bahwa akan menjadi kesalahan serius bagi siapa pun untuk mencoba mengubah status quo yang ada dengan memaksa.”

Komentar itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan dengan China atas Taiwan dan upaya Beijing untuk mengambil kendali atas terumbu karang Laut China Selatan yang disengketakan yang diklaim oleh sekutu AS, Filipina.

China baru-baru ini berlayar dengan kapal induk pertamanya di sekitar Taiwan, dan kapal perusak berpeluru kendali AS merespons dengan melakukan transit melalui Selat Taiwan selebar 100 mil.

Kelompok serang kapal induk yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt dan kapal serbu amfibi Angkatan Laut USS Pulau Makin, dengan sekitar 2.000 Marinir, saat ini sedang melakukan latihan perang di Laut Cina Selatan.  (***/. dd – irnprss)

Komentar