AS Menawarkan $ 10 Juta Untuk Buronan Hizbullah Atas Pembunuhan Hariri

Jurnalpatrolinews – Washington : Amerika Serikat telah menawarkan hadiah $ 10 juta untuk informasi untuk menemukan atau mengidentifikasi tersangka buronan Hizbullah yang dihukum atas pembunuhan mantan perdana menteri Lebanon Rafik Hariri.

Departemen Luar Negeri mengatakan akan menawarkan hadiah untuk “informasi yang mengarah ke lokasi atau identifikasi” Salim Ayyash atau “informasi yang mencegahnya terlibat dalam tindakan terorisme internasional terhadap orang AS atau properti AS.”

Didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa di Belanda, Pengadilan Khusus untuk Lebanon pada bulan Desember menghukum Ayyash in absentia dengan hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan Hariri pada tahun 2005.

Ayyash, 57, diyakini bersembunyi di Lebanon di mana kepala Hizbullah Hassan Nasrallah menolak untuk menyerahkannya.

Pengadilan sejak itu mengatakan pihaknya juga akan mengadili Ayyash atas tiga serangan lain terhadap politisi Lebanon pada pertengahan 2000-an.

Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa Ayyash juga berencana untuk melukai personel militer AS.

Hariri, seorang Muslim Sunni, diduga dibunuh karena dia menentang kontrol Lebanon oleh Suriah, yang bersekutu dengan Hizbullah, sebuah gerakan Muslim Syiah yang didukung oleh Iran.

Pembunuhan itu memicu Revolusi Cedar yang memaksa pasukan Suriah keluar.

Amerika Serikat menganggap Hizbullah sebagai kelompok teroris tetapi gerakan tersebut memegang kekuasaan politik di Lebanon, memegang kursi di parlemen.  (***/. dd – arbnws)

Komentar