AS Mengerahkan Baret Hijau Untuk Mengalahkan Pemberontak Terkait ISIS Yang Dituduh Memenggal Kepala Anak-Anak di Garis Depan Baru di Afrika Selatan

Jurnalpatrolinews – Cabo Delgado : Baret Hijau elit telah dikerahkan untuk membantu mengalahkan pemberontak ISIS yang dituduh memenggal kepala anak-anak berusia 11 tahun di Cabo Delgado, Mozambik.

Angkatan Darat Amerika Serikat Pasukan Khusus tentara yang melatih Mozambik marinir selama dua bulan ke depan untuk melawan pemberontakan meningkat pesat dari ISIS terkait kelompok teroris al-Shabab.

Itu terjadi setelah AS secara resmi mendaftarkan kelompok itu sebagai organisasi teroris asing pekan lalu karena hubungannya dengan ISIS, yang diikrarkan setia pada 2018 dan mengklaim serangan pertamanya pada Juni 2019.

Mozambik, di Afrika bagian selatan, merepresentasikan penyebaran pemberontakan Islam yang mengkhawatirkan di benua itu. Negara lain yang menghadapi kekerasan terkait ISIS termasuk Somalia, Nigeria, Niger, Mali, dan Libya.

Pengerahan Baret Hijau adalah “untuk mencegah penyebaran terorisme dan ekstremisme kekerasan,” kata Kedutaan Besar AS di Maputo, ibu kota Mozambik, sebagaimana dilaporkan The Times.

Menurut laporan  Orang Dalam bulan lalu, Baret Hijau dipanggil untuk ditempatkan di seluruh dunia, membangun hubungan yang langgeng dengan kelompok-kelompok lokal yang bersahabat dengan Amerika Serikat, dan kemudian mengajari kelompok-kelompok itu cara membunuh secara efektif. Tentara SF kemudian mulai menjalankan misi dengan penduduk setempat dan bertarung berdampingan.

Situasi di provinsi paling utara Cabo Delgado, yang dimulai pada 2017, menjadi lebih mendesak tahun lalu, dengan hingga 3.500 pejuang secara teratur terlibat dengan militer untuk merebut kota-kota utama. 

Setidaknya 2.000 warga sipil telah tewas, menurut Lokasi Konflik Bersenjata dan Proyek Data Peristiwa dan 670.000 telah mengungsi, Save the Children menambahkan. Sekitar satu juta orang juga membutuhkan bantuan pangan, perkiraan PBB.

(***/. dd – businsdr)

Komentar