Badan Kesehatan Swedia Anjurkan Lansia Umur 80 Tahun Disuntik ‘Booster’ ke-2 Vaksin Covid

JurnalPatroliNews – Stockholm,- Pemerintah Swedia menyarankan kaum lansia berusia 80 tahun ke atas mendapatkan booster vaksin COVID-19 kedua alias dosis ke-4 COVID, Pernyataan resmi dari Badan Kesehatan Swedia, dalam upaya untuk mencegah penurunan imunitas di tengah penyebaran varian Omicron. Senin (14/2/22).

Rekomendasi itu juga ditujukan kepada orang-orang yang tinggal di panti wreda atau yang menerima program bantuan hidup. Booster kedua akan diberikan minimal empat bulan setelah booster pertama, kata badan itu dalam pernyataan.

Sebelumnya kasus COVID-19 Swedia mencatat rekor pada awal tahun ini ketika Omicron menyebar cepat di seluruh negeri.

Namun otoritas mengandalkan dosis booster dan gejala varian Omicron yang lebih ringan untuk meringankan beban sistem kesehatan dan menghapus pembatasan COVID-19 sekaligus mengurangi jumlah tes bulan ini.

Selanjutnya  Badan Kesehatan mengatakan dalam beberapa pekan terakhir virus corona semakin mewabah banyak jumlah kasus di kalangan yang berisiko tinggi terkena sakit parah, seperti penghuni panti wreda.

“Dosis booster memperkuat perlindungan. Karena itu kami yakin orang-orang berusia 80 tahun ke atas akan merasakan manfaat dari dosis booster kedua,” kata ketua ahli epidemiologi Anders Tegnell. Diketahui vaksin booster pertama, booster kedua menggunakan vaksin Pfizer/Biontech dan Moderna, kata badan tersebut.

Sumber: REUTERS

Komentar