Batal! Rencana Kunjungan Ke Papua Nugini dan Australia, Biden Fokus Bahas Batas Utang

JurnalPatroliNews – Amerika Serikat – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden membatalkan rencana kunjungannya ke Papua Nugini dan Australia. Lantaran saat ini Biden tengah fokus pada negosiasi plafon utang di Washington.

Pembatalan kunjungan tersebut diumumkan oleh Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre pada Selasa (16/5). Ia mengatakan Biden telah berbicara dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese pada Selasa pagi untuk memberitahunya bahwa kunjungan tersebut ditunda untuk waktu yang belum ditentukan.

Informasi serupa juga telah disampaikan kepada pemerintah Papua Nugini.

Kendati begitu, Biden masih akan melakukan perjalanan ke Jepang mulai Rabu (17/5) untuk menghadiri pertemuan G7.

Pada Selasa malam, Albanese mengonfirmasi pembatalan kunjungan Biden. Ia menyebut pihaknya juga telah membatalkan pertemuan puncak dengan para pemimpin Quad di Sydney.

Pembatalan perjalanan Biden terjadi saat para pemimpin kongres bertemu dengan Biden di Gedung Putih untuk membahas batas utang. Departemen Keuangan telah memperingatkan bahwa gagal bayar pemerintah dapat terjadi paling cepat 1 Juni, dan Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan gagal bayar akan memicu penurunan ekonomi global. 

Komentar