Beberapa Ilmuwan Terkemuka Khawatir Istilah ‘Endemik’ COVID-19 Tidak Tepat Sasaran. Begini Alasannya

JurnalPatroliNews – Atlanta,- Pembatasan virus corona menghilang dari minggu ke minggu di sebagian besar dunia, karena lebih banyak negara Barat mengurangi pembatasan yang tersisa dan bergeser ke arah kebijakan “hidup bersama COVID-19.“

Varian Omicron yang lebih menular tetapi tidak terlalu parah, dan sub-variannya, BA.2, telah memainkan peran besar dalam perhitungan itu, meyakinkan banyak pemimpin bahwa endemik COVID-19 sudah di depan mata. Tapi apa artinya itu? Beberapa ilmuwan terkemuka khawatir bahwa pemahaman kita tentang “endemik” jauh dari

“Saya pikir kami telah melakukan kerugian besar dengan menggunakan kata ‘endemik,’ terus terang,” Michael Fraser, direktur eksekutif Asosiasi Pejabat Kesehatan Negara Bagian dan Teritorial AS, mengatakan kepada audiens yang sebagian besar petugas kesehatan masyarakat selama diskusi panel di KTT Kesiapsiagaan 2022 di Atlanta hari ini.

“Itu tidak dipahami dengan baik. Itu tidak tepat,” kata Fraser.

“Ada penyakit endemik yang membunuh 400.000 orang per tahun, seperti malaria … dan ada penyakit endemik seperti herpes atau HSV-1 yang ada di separuh populasi dan mungkin Anda terkena flu.” Jelasnya meyakinkan.

Endemik mengacu pada kehadiran konstan atau “prevalensi biasa penyakit atau agen infeksi” di antara populasi dalam wilayah geografis, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Tetapi istilah itu mungkin terlalu sederhana untuk diterapkan pada COVID-19 saat ini.

“Sepertinya tidak cocok,” kata Lori Tremmel Freeman, kepala eksekutif Asosiasi Nasional Pejabat Kesehatan Kabupaten dan Kota, kepada CNN di acara tersebut.

“Tidak ada istilah yang benar-benar bisa dipasang dan dimainkan. Kami tidak memiliki semua bagian dari teka-teki COVID ini. Sepertinya narasi yang salah untuk membicarakan akhir. Kita bisa merencanakannya, tapi kita harus siap untuk kembali mengambil tindakan jika kita melihat varian lain atau gelombang lain.” Jelas Freeman lagi.

Ini adalah materi yang mendesak untuk segera didiskusikan, mengingat bahwa dunia Barat sedang bergerak, meskipun dengan kecepatan yang berbeda, menuju serangkaian tindakan dan aturan pra-pandemi.

Negara-negara Eropa “secara brutal” mengakhiri pembatasan mereka pada awal tahun ini, kata Organisasi Kesehatan Dunia, dan April telah melihat Jerman mengurangi aturan masker dan Inggris membatalkan semua tindakan pencegahannya.

Komentar