Biarawati Prancis, Orang Tertua ke-2 di Dunia, Selamat Dari Covid Menjelang Ulang Tahunnya Yang Ke-117

Jurnalpatrolinews – Paris : Seorang biarawati Prancis berusia 116 tahun yang diyakini sebagai orang tertua kedua di dunia telah selamat dari COVID-19 dan berharap untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 117 pada hari Kamis. Kelompok Riset Gerontologi, yang memvalidasi rincian orang-orang yang diperkirakan berusia 110 tahun atau lebih, mencantumkan wanita Prancis Lucile Randon – nama lahir Sister André – sebagai orang tertua kedua yang diketahui di dunia.

Media Prancis melaporkan bahwa Suster André dinyatakan positif mengidap virus itu pada pertengahan Januari di kota Toulon, Prancis selatan. Tapi tiga minggu kemudian, suster itu dianggap sudah sembuh.

“Saya bahkan tidak menyadarinya,” katanya kepada surat kabar Prancis, Var-Matin.

Saudari André, yang buta dan menggunakan kursi roda, bahkan tidak khawatir ketika dia menerima diagnosisnya.

“Dia tidak bertanya kepada saya tentang kesehatannya, tetapi tentang kebiasaannya,” kata David Tavella, manajer komunikasi untuk panti jompo di mana biarawati itu tinggal, kepada surat kabar itu. “Misalnya, dia ingin tahu apakah makan atau jadwal tidur akan berubah. Dia tidak menunjukkan rasa takut akan penyakit itu. Di sisi lain, dia sangat prihatin dengan penghuni lain.”

Tidak semua penghuni panti itu berbagi keberuntungan dengan Suster André. Pada Januari, 81 dari 88 penduduk dinyatakan positif terkena virus, dan sekitar 10 dari mereka meninggal, menurut Var-Matin.

Setelah dokter menyatakan biarawati itu tidak lagi terinfeksi, dia diizinkan menghadiri Misa. Media lokal mengatakan dia menantikan perayaan ulang tahun bersama teman-temannya di panti jompo, meskipun lebih kecil dari biasanya karena virus corona masih merajalela di seluruh Prancis.  (***/.dt-cbs)

Komentar