Bikin Heboh ! Bola Putih Mirip Balon Di Langit Kolombia, Diduga Mata-Mata China

JurnalPatroliNews – Bogota,- Sebuah objek udara mirip balon tampak melayang di langit Kolombia. Dikatakan tak mengancam keamanan nasional. Hal itu dikonfirmasi secara resmi oleh Militer Kolombia dalam pernyataan singkatnya, Sabtu (5/2/2023). Dalam keterangannya, militer Kolombia mengatakan, kemungkinan balon telah terdeteksi di sistem pertahanan udaranya pada Jumat (4/2/2023) pagi.

Militer menjelaskan, sebuah objek terdeteksi di atas wilayahnya pada ketinggian 55.000 kaki yang telah memasuki wilayah udara negara Amerika Selatan ke utara. Objek bergerak dengan kecepatan rata-rata 25 knot atau kira-kira 29 mil per jam. Objek tersebut menunjukkan karakteristik yang mirip dengan balon. Angkatan udara memantaunya sampai meninggalkan wilayah udara Kolombia.

Pernyataan Kolombia tidak menyebut China atau negara lain mana pun sebagai asal balon itu. Objek itu juga diindikasikan tidak berbahaya bagi keamanan nasional. “Ditentukan bahwa itu tidak mewakili ancaman terhadap keamanan nasional,” katanya.

Penampakan objek mirip balon di Kolombia itu terjadi sehari sebelum jet militer AS menembak jatuh balon yang dicurigai sebagai mata-mata China. Sebelumnya, pada Jumat, pejabat militer AS mengatakan, sebuah balon China terlihat di suatu tempat di Amerika Latin. Sayangnya dia tidak menyebutkan lokasinya. Tidak ada konfirmasi resmi lain tentang balon tak dikenal yang terbang di atas negara Amerika Latin lainnya yang dikeluarkan hingga Minggu. Namun, dalam beberapa hari terakhir, banyak pengguna media sosial mengaku melihat penampakan balon di Venezuela dan Kosta Rika.

Kepala Badan Penerbangan Sipil, Fernando Naranjo mengatakan, pejabat Kosta Rika menerima laporan tentang balon pada hari Kamis. Pihak penerbangan juga telah diberitahu. “Itu adalah hal yang sama yang dilihat semua orang, bola putih,” kata Naranjo.

Hingga saat ini, belum ada tindakan lebih lanjut yang diambil. Kisah balon China, yang ditembak jatuh di lepas pantai Atlantik AS pada hari Sabtu, menarik perhatian publik selama berhari-hari. Secara luas, penammpakan balon itu dipandang sebagai memburuknya hubungan AS-China. Sekutu China, Venezuela dalam sebuah pernyataan pada Minggu mengutuk keputusan AS untuk menembak jatuh balon tersebut.

Komentar