Blinken: AS Berkomitmen Untuk Mengisi Kembali Iron Dome Israel

Menteri Luar Negeri menegaskan kembali posisi pemerintahan Biden bahwa Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri dari serangan roket

 

JurnalPatroliNews –  Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Senin (7/06/21), bahwa Amerika Serikat berkomitmen untuk mengisi kembali sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel.

“Kami bekerja dengan Israel untuk sepenuhnya memahami kebutuhan mereka dan bekerja dengan Kongres,” kata Blinken kepada Komite Urusan Luar Negeri DPR selama kesaksian tentang permintaan anggaran 2022 Presiden AS Joe Biden dan prioritas kebijakan luar negeri departemen, menurut informasi yang di kutip Kantor Berita i24NEWS.

“Ini sedang dalam peninjauan yang sangat aktif dan kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk memastikan hal itu terjadi,” kata Blinken

Tentang memenuhi permintaan Israel untuk dana darurat sebesar $1 miliar untuk mengisi ulang Iron Dome setelah 11 hari pertempuran dengan kelompok teroris yang berbasis di Gaza yang meluncurkan lebih dari 4.000 roket di wilayah Israel.

Menteri Luar Negeri menegaskan kembali posisi pemerintahan Biden bahwa Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri terhadap roket yang ditembakkan tanpa pandang bulu ke warga sipil Israel.

“Tidak dapat diterima bagi negara mana pun untuk menghujani roket tanpa pandang bulu yang menargetkan warga sipil dan tidak melakukan sesuatu tentang hal itu,” kata Blinken, menurut i24NEWS.

Dia menambahkan bahwa sebagai negara demokrasi, Israel memiliki “beban ekstra untuk melakukan segala yang mungkin bisa untuk menghindari korban sipil.”

Selanjutnya, masalah pejuang Hamas, Blinken menyebutnya “sulit untuk dipahami” bagaimana siapa pun di dunia dapat menerima organisasi teroris yang telah “bersumpah dalam piagamnya sendiri untuk menghancurkan Israel.”

Setelah putaran pertempuran baru-baru ini, Presiden AS Joe Biden mengatakan dia memastikan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dari “dukungan penuh untuk mengisi kembali sistem Iron Dome Israel.”

Selanjutnya, Senator AS Lindsey Graham (R-SC) mengatakan pekan lalu bahwa Israel akan meminta bantuan US$1 miliar untuk mengisi kembali sistem pertahanan rudal Iron Dome.

“Akan ada permintaan miliaran dolar yang datang ke Pentagon minggu ini dari menteri pertahanan untuk mengisi kembali Iron Dome dan beberapa hal lain untuk meningkatkan sistem,” kata Graham pada konferensi pers di Yerusalem.

“Iron Dome berkinerja sangat baik, menyelamatkan ribuan nyawa Israel dan puluhan ribu nyawa Palestina, jadi saya akan membayangkan bahwa pemerintah akan mengatakan ya untuk permintaan ini dan persetujuan itu akan melalui Kongres,” tambahnya.

Setidaknya 55 anggota DPR, baik Demokrat dan Republik, pekan lalu menulis surat kepada Menteri Pertahanan Lloyd Austin mendesak Pentagon untuk segera bekerja dengan Kongres dalam memenuhi setiap permintaan untuk mengisi kembali pasokan pencegat Israel untuk sistem Iron Dome.

Komentar