Debat Pertama Lawan Trump, Akankah Biden Mundur dari Pertandingan?

JurnalPatroliNews – AS – Performa yang kurang memuaskan dari Presiden AS Joe Biden dalam debat pertama melawan Donald Trump telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan Partai Demokrat. Diskusi internal di partai menyebutkan adanya keraguan terhadap kemampuan Biden untuk melanjutkan kampanye, dengan beberapa pihak mendesak agar dia diganti.

Jika Biden memutuskan untuk mundur dari pemilihan karena merasa tidak layak, Partai Demokrat akan dihadapkan pada tugas mencari calon pengganti yang akan bertarung di pemilu November mendatang. Langkah berisiko ini belum pernah terjadi dalam sejarah pemilu modern di Amerika Serikat.

Menurut laporan AFP pada Sabtu (28/6), berikut adalah skenario yang mungkin terjadi jika Biden digantikan.

Biden telah memenangkan mayoritas suara dalam pemilihan pendahuluan, dengan sekitar 3.900 delegasi partai yang akan hadir di konvensi di Chicago pada bulan Agustus sebagai pendukungnya. Jika seorang kandidat resmi mengundurkan diri setelah dicalonkan dalam konvensi, badan pengurus resmi partai, baik Komite Nasional Demokrat maupun Komite Nasional Partai Republik, akan mencalonkan kandidat baru dalam sidang luar biasa.

Sejauh ini, Partai Demokrat terus mendukung kandidat mereka secara terbuka, dengan mantan presiden Barack Obama yang secara vokal membela Biden.

Komentar