Dikelilingi Parit Beracun, Makam Kaisar China Jadi Misteri, Arkelog Nggak Berani Bongkar

Para arkeolog khawatir penggalian bisa merusak makam sehingga kehilangan informasi sejarah yang penting. Saat ini, hanya teknik arkeologi invasif yang dapat digunakan untuk memasuki makam. Teknik tersebut berisiko tinggi menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Parit merkuri juga menjadi alasan lain mengapa para arkeolog enggan menjelajahi makam itu. Mereka menduga parit merkuri ini sangat berbahaya, karena berdasarkan sampel tanah di sekitar makam, menunjukkan tingkat kontaminasi merkuri yang sangat tinggi.

Naskah kuno mengatakan kaisar menciptakan seluruh kerajaan dan istana bawah tanah, lengkap dengan langit-langit yang meniru langit malam, dengan mutiara sebagai bintang.

Makam Qin Shi Huang juga diperkirakan dikelilingi oleh sungai-sungai air raksa cair, yang diyakini oleh orang China kuno bisa membuat mereka abadi. “Ini agak ironis. Mungkin saja penyebab dia meninggal karena menelan merkuri. Dia meminum semua pil merkuri karena ingin hidup selamanya dan zat itu membunuhnya pada usia 39 tahun,” ujar Romey.

Komentar