Fase I 90 Relawan Terlibat Uji Klinis, Tak Hanya di RI: Vaksin Merah Putih Akan Dihibahkan ke Benua Afrika

JurnalPatroliNews – Jakarta – Vaksin Merah Putih mulai diuji klinis fase 1. Nantinya vaksin ini tak hanya dipakai sebagai booster di RI, melainkan akan dihibahkan ke negara-negara di Benua Afrika.

“Vaksin Merah Putih ini nantinya juga akan dihibahkan kepada negara-negara tetangga khususnya di benua Afrika yang memiliki kendala dalam vaksinasinya,” ucap Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangannya, Kamis (10/2/2022).

Uji klinis vaksin merah putih di mulai Rabu (9/2) kemarin di RSUD Soetomo. Uji klinis itu dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Walikota Surabaya Eri Cahyadi, dan Rektor UNAIR Mohammad Nasih.

“Mengingat vaksin Merah Putih merupakan produk dalam negeri di mana perwujudan dari kemajuan dan kemandirian bangsa sebagai upaya untuk mendorong tercapainya ketahanan nasional,” katanya.

Ada tujuh lembaga pengembang Vaksin Merah Putih yakni tim dari Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Teknologi Banding (ITB), Universitas Indonesia (UI), Pusat Riset Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman BRIN, Universitas Padjadjaran, dan tim LIPI yang sudah melebur dengan BRIN.

Komentar