Finlandia Menempati Peringkat Negara Paling Bahagia di Dunia

Jurnalpatrolinews – Helsinki : Finlandia dinobatkan sebagai tempat paling bahagia di dunia selama empat tahun berturut-turut, dalam laporan tahunan yang disponsori PBB.

Laporan Kebahagiaan Dunia melihat Denmark di tempat kedua, kemudian Swiss, Islandia, dan Belanda. Selandia Baru, di tempat ke-9, sekali lagi menjadi satu-satunya negara non-Eropa di 10 besar. Inggris turun dari posisi 13 ke 17.

Data dari peneliti analitik Gallup meminta orang-orang di 149 negara untuk menilai kebahagiaan mereka sendiri. Langkah-langkah seperti dukungan sosial, kebebasan pribadi, produk domestik bruto (PDB), dan tingkat korupsi juga diperhitungkan.

Negara yang dianggap paling tidak bahagia di dunia adalah Afghanistan, diikuti oleh Lesotho, Botswana, Rwanda, dan Zimbabwe.

Ada “frekuensi emosi negatif yang lebih tinggi secara signifikan” di lebih dari sepertiga negara, kata penulis laporan, kemungkinan menunjuk pada efek pandemi.

Namun, segalanya menjadi lebih baik untuk 22 negara. Beberapa negara Asia bernasib lebih baik daripada tahun lalu, sementara China naik ke posisi 84 dari 94.

“Anehnya, secara rata-rata, tidak ada penurunan kesejahteraan ketika diukur dengan evaluasi orang sendiri terhadap kehidupan mereka,” kata John Helliwell, salah satu penulis laporan itu, dalam sebuah pernyataan.

“Salah satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa orang melihat Covid-19 sebagai ancaman umum dari luar yang mempengaruhi semua orang, dan ini telah menghasilkan rasa solidaritas dan perasaan sesama yang lebih besar.”

Finlandia “peringkat sangat tinggi dalam ukuran saling percaya yang telah membantu melindungi kehidupan dan mata pencaharian selama pandemi”, kata para penulis.

Negara Skandinavia berpenduduk 5,5 juta orang telah berhasil jauh lebih baik daripada mayoritas Eropa selama pandemi, dengan lebih dari 70.000 kasus dan 805 kematian, menurut Universitas Johns Hopkins.

Menurut laporan itu, sepuluh negara paling bahagia adalah :

Finlandia

Denmark

Swiss

Islandia

Belanda

Norway

Swedia

Luksemburg

Selandia Baru

Austria

(***/. dd – rmz)

Komentar