Gawat..! Indonesia Masuk Daftar Negara Beresiko Munculnya 10 Ribu Virus Baru Seperti Covid

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Perkiraan Sejumlah ilmuwan Ahli Virus, saat ini sudah ada sekitar 10 ribu virus yang hidup di tengah hewan-hewan liar, dan berpotensi menginfeksi manusia di masa depan.

Hal itu disampaikan tim Peneliti, dikutip dari Mashable South East Asia, Jumat (6/5/2022).

Dalam Artikel tersebut,  para peneliti menemukan fakta bahwa perubahan iklim dapat mendorong risiko penularan Virus dari hewan ke manusia.

Sementara itu, dalam Studi yang sama, diperkirakan, akan ada sekitar 15 ribu Virus baru yang muncul di tengah interaksi antarhewan pada 2070 mendatang.

“Kami telah menunjukkan mekanisme baru, dan berpotensi menghancurkan munculnya penyakit yang dapat mengancam kesehatan populasi hewan di masa depan, yang kemungkinan besar akan berdampak pada kesehatan kita juga,” jelas Gregory Albery, Ahli Ekologi Penyakit di Universitas Georgetown.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa dekade ke depan bumi tidak hanya akan semakin panas, tapi juga semakin ‘sakit’,” lanjutnya.

Dari Penelitian itu, potensi terbentuknya klaster virus baru akan muncul, dan memungkinkan untuk menyebarkan virus ke Dunia seperti pandemi Covid-19.

Daerah paling berisiko sebagai lokasi munculnya Virus baru ini adalah Sahel, Dataran Tinggi Ethiopia dan Lembah Rift, India, Cina Timur, Indonesia, Filipina, dan beberapa daerah di Eropa.

Komentar