Haniyeh : ‘Tidak Ada Ampun’ Bagi Negara-Negara Arab Yang Mengkhianati Perjuangan Palestina

Jurnalpatrolinews – Ramallah : Sejarah tidak akan menunjukkan belas kasihan kepada negara-negara Arab yang mengakui Israel, kata Ismail Haniyeh, kepala biro politik gerakan perlawanan Palestina Hamas.

Ditanya tentang pakta “normalisasi” baru-baru ini yang disepakati dengan Israel oleh Uni Emirat Arab dan Bahrain, Haniyeh mengatakan bahwa kesepakatan apa pun yang dibuat negara Arab dengan Israel pada akhirnya akan mengancam negara itu.

“Kami tahu para pemimpin Israel lebih baik dari mereka. Kami tahu bagaimana mereka berpikir. Kami ingin memberi tahu saudara-saudara kami di Uni Emirat Arab bahwa mereka akan kalah sebagai akibat dari perjanjian itu karena satu-satunya kepentingan Israel adalah mencari pijakan militer dan ekonomi …, “kata Haniyeh kepada Middle East Eye, Senin.

“Mereka akan menggunakan negara Anda sebagai ambang pintu. Kami tidak ingin melihat UEA digunakan sebagai landasan peluncuran Israel. ”

“Proyek Zionis adalah proyek ekspansionis. Tujuannya adalah untuk menciptakan Israel yang lebih besar. Kami tidak ingin melihat Emirat atau Bahrain atau Sudan digunakan sebagai kendaraan untuk proyek ini. Sejarah tidak akan ada ampun, orang tidak akan melupakan, dan hukum humaniter tidak akan memaafkan, ”ujarnya.

Perjanjian Emirat dan Bahrain dengan Israel, yang ditandatangani di Gedung Putih bulan lalu, telah memicu spekulasi bahwa Arab Saudi dapat bersiap untuk mengikuti jejak dua sekutu dekatnya di Teluk Persia.

Pekan lalu, Pangeran Bandar bin Sultan, yang menjabat sebagai duta besar Saudi untuk Washington selama lebih dari 30 tahun, menggambarkan para pemimpin Palestina sebagai kegagalan yang secara konsisten kehilangan kesempatan untuk penyelesaian dengan Israel.

Pernyataannya, dalam sebuah wawancara dengan TV al-Arabiya yang dikelola pemerintah, ditafsirkan sebagai tanda pelunakan kebijakan Raja Salman yang menolak mengakui Israel sebelum negara Palestina dibentuk.

Haniyeh mengatakan Hamas telah mendeteksi “perubahan positif” di lapangan di Tepi Barat sebagai hasil dari pembicaraan rekonsiliasi dengan faksi Palestina Fatah yang bertujuan membentuk pemerintah persatuan nasional.

Haniyeh mengakui tantangannya sangat besar, “Kami menyaksikan perubahan positif di lapangan. Saya tidak ingin terdengar terlalu optimis dan mendahului kejadian tetapi ada hal yang positif. Tantangannya sangat besar dan kami masih di awal perjalanan. “

Sumber senior Palestina mengatakan bahwa kerja sama keamanan PA dengan Israel di Tepi Barat “hampir” berhenti.

Penangkapan Syekh Hassan Yousef baru-baru ini, seorang pemimpin senior Hamas, yang menghabiskan total 21 tahun penjara, dikutuk oleh Jibril Rajoub dari Fatah yang memimpin perundingan dengan Hamas.

Haniyeh mengatakan bahwa Hamas dan Fatah sedang mempertimbangkan untuk menjalankan daftar bersama dalam pemilihan Palestina yang akan berlangsung tahun depan untuk pertama kalinya sejak pemungutan suara 2006.

Komentar