Helikopter Militer Rusia Ditembak Jatuh Di Atas Armenia Dekat Perbatasan Azerbaijan, Dua Orang Tewas

Jurnalpatrolinews – Latakia : Sebuah helikopter Mi-24 Rusia jatuh di atas Armenia dekat perbatasan dengan Azerbaijan, menewaskan dua anggota awak dan melukai lainnya, kata Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Senin.

“Sebuah helikopter Mi-24 Rusia diserang dari darat dari sistem pertahanan udara portabel manusia ketika menemani konvoi kendaraan dari pangkalan militer Rusia ke-102 di wilayah Armenia di wilayah udara dekat dengan pemukiman Armenia di Yeraskh dekat berbatasan dengan Republik Otonomi Nakhchivan (Azerbaijan), “kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan, menurut kantor berita negara TASS.

Kementerian tidak menjelaskan tujuan konvoi yang didampingi helikopter itu. Rusia memiliki pangkalan militer yang besar di Armenia, tetapi jaraknya sekitar 150 kilometer (90 mil) dari tempat helikopter ditembak jatuh.

Nakhchivan berjarak sekitar 70 kilometer (40 mil) dari Nagorno-Karabakh dan tidak jelas apakah penembakan helikopter itu terkait dengan konflik tersebut.

Pasukan Armenia dan Azerbaijan telah bertempur selama enam minggu di wilayah Nagorno-Karabakh. Wilayah itu terletak di Azerbaijan tetapi telah di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia sejak perang di sana berakhir pada tahun 1994. Ledakan permusuhan terbaru dimulai 27 September dan telah menyebabkan ratusan – mungkin ribuan – tewas, menandai eskalasi pertempuran terburuk sejak perang berakhir.

Azerbaijan mengandalkan dukungan kuat dari sekutunya Turki, yang telah melatih militer Azerbaijan dan menyediakan drone serang dan sistem roket jarak jauh.

Pejabat Armenia menuduh Turki terlibat langsung dalam konflik tersebut dan mengirim tentara bayaran dari Suriah untuk berperang di pihak Azerbaijan.

Komentar