Iran Bombardir Pangkalan AS di Al- Tanf Suriah Timur, Gunakan Rudal Fateh-110

JurnalPatroliNews – Teheran,- Sebuah pangkalan militer AS di zona Al-Tanf di Suriah timur dihantam oleh rudal permukaan-ke-permukaan solid-propelan tahap tunggal Fateh-110. Serangan rudal itu datang dari arah area pangkalan udara Tiyas, tempat pangkalan pasukan Iran saat ini berada, sementara dua serangan lagi ke pangkalan AS dilakukan oleh drone dari negara tetangga Iran, dikutip dari laman AviaProNet, Minggu (24/10/2021)

Patut dicatat bahwa kemampuan rudal Fateh-110 akan cukup untuk menyerang bagian utara Israel langsung dari pangkalan udara Tiyas, dan menurut informasi berbagai sumber, Iran bisa saja mengerahkan setidaknya 10 peluncur bergerak di wilayah sebuah negara.

Foto. AviaProNet

Sebelumnya, formasi pro-Iran mengumumkan bahwa sebagai tanggapan atas serangan terhadap pangkalan udara Tiyas, serangan akan dilakukan tidak hanya di pangkalan militer Amerika di zona Al-Tanf, tetapi juga di wilayah Israel.

 Saat ini, hanya pangkalan Amerika yang diserang, namun para pengamat memperkirakan serangan  yang jauh lebih terjadwal akan dilakukan ke wilayah negara Yahudi.

Foto. AviaProNet

Fakta bahwa serangan itu yang ditujukan oleh rudal Fateh-110 dibuktikan dengan puing-puing rudal. Selain itu, sistem rudal tersebut mengambil bagian dalam melakukan serangan terhadap kelompok pro-Turki di Idlib, di mana runtuhan dari puing-puing rudal propelan padat ini juga ditemukan.

Foto. AviaProNet

Jangkauan maksimum sistem rudal Fateh-110 adalah 300 kilometer. Ini memungkinkan Iran untuk berhasil menyerang hampir semua target di Suriah.

Komentar