“Kami Tidak Akan Melepaskan Kartun” Kata Presiden Perancis Macron Untuk Menghormati Guru Yang Terbunuh

Jurnalpatrolinews – Paris : Perancis tidak akan melepaskan kartun, Presiden Emmanuel Macron berjanji Rabu sebagai penghormatan kepada guru Samuel Paty, dipenggal kepalanya karena telah menunjukkan karikatur Nabi Muhammad kepada murid-muridnya dalam pelajaran tentang kebebasan berbicara.

“Kami tidak akan melepaskan kartun,” kata Macron dalam upacara khidmat di Universitas Sorbonne yang dihadiri oleh keluarga guru yang terbunuh itu.

Presiden mengatakan Paty dibunuh oleh “pengecut” karena mewakili nilai-nilai sekuler dan demokratis Republik Perancis.

Peti mati Paty berdiri di tengah halaman universitas, dihiasi dengan bendera Perancis, saat murid, teman, dan sesama guru sejarah memberikan penghormatan yang mengharukan kepada ayah satu anak berusia 47 tahun.

Upacara dimulai dengan lagu “One” oleh band rock Irlandia U2 dimainkan melalui pengeras suara atas permintaan keluarga Paty, dan diakhiri dengan tepuk tangan.

Paty dibunuh dalam perjalanan pulang dari kerja sepulang sekolah Jumat lalu oleh Abdullakh Anzorov, 18 tahun, kelahiran Chechnya, yang menerbitkan gambar kepala guru yang terpenggal di Twitter sebelum dia sendiri ditembak mati oleh polisi.

Komentar