Kelompok Hak Asasi : Austria Melakukan Pelanggaran “Bermotif Politik” Terhadap Muslim

Jurnalpatrolinews – Wina,– Sebuah kelompok hak asasi manusia menuduh otoritas keamanan Austria melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang “bermotif politik” terhadap Muslim, sebuah pernyataan yang dikeluarkan Rabu mengungkapkan.

“Dewan Hak dan Kebebasan Jenewa (GCRL) sangat prihatin tentang pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh otoritas keamanan Austria, selama penggerebekan luas yang dilakukan di empat provinsi, termasuk penangkapan sedikitnya 30 orang Arab dan Muslim,” pernyataan diungkapkan.

Ia menambahkan: “Polisi Austria, pada 9 November, melancarkan penggerebekan di lebih dari 70 rumah di empat provinsi di Austria, dengan perintah diberikan kepada 30 Muslim untuk ditangkap.”

Pernyataan itu melanjutkan: “Di antara mereka yang terkena dampak kampanye tersebut adalah beberapa mantan pejabat dari Dewan Agama Islam Austria, selain seorang karyawan di lembaga yang bertugas melatih guru agama di sekolah umum, dan juga termasuk akademisi, dokter, dan pejabat asosiasi. ”

GCRL menyatakan: “Penggerebekan ini telah menunjukkan pengabaian yang jelas terhadap prinsip dasar hak asasi manusia dan aturan hukum di Austria, serta intimidasi dan dilebih-lebihkan untuk menyesatkan opini publik dengan apa yang disebut sebagai operasi keamanan yang berhasil melawan ‘terorisme politik’. ”

Sementara itu, GCRL mengindikasikan: “Kantor kejaksaan wilayah Styria mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ‘operasi tersebut tidak ada hubungannya dengan serangan teror di Wina pada 2 November,’ tetapi merupakan hasil dari ‘investigasi intensif dan komprehensif yang dilakukan selama lebih dari tahun.’”

Menurut Menteri Dalam Negeri Austria Karl Nihamer: “Operasi keamanan yang diluncurkan oleh polisi bertujuan untuk ‘memutus akar politik Islam’, menunjukkan bahwa masalah tersebut terkait dengan kampanye yang terkait dengan posisi politik atau orientasi agama, dan tidak terkait dengan pelanggaran hukum tertentu. ”

GCRL juga menegaskan kembali: “Operasi keamanan berdasarkan keyakinan agama, keyakinan atau orientasi politik merupakan pelanggaran berat terhadap hak atas kebebasan berkeyakinan dan kebebasan berpendapat dan berekspresi, yang dijamin oleh Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan Kovenan Internasional. tentang Hak Sipil dan Politik, serta hukum lokal yang menjamin kebebasan berkeyakinan dan berekspresi. ”

“Kampanye penggerebekan bermotif politik dan dirusak oleh sejumlah pelanggaran hak asasi manusia selama penangkapan termasuk menyerbu rumah pada malam hari, mendobrak pintu banyak rumah, menyebabkan teror kepada penduduk dengan mengabaikan anak-anak dan wanita, menyita uang dan dokumen. tanpa surat perintah, “dewan itu menekankan.

Dewan Jenewa selanjutnya mengungkapkan bahwa: “Para tahanan dan penghuni rumah termasuk anak-anak ditanyai pertanyaan ofensif yang tidak relevan yang melanggar privasi, seperti doa atau adat istiadat sosial, serta posisi tentang masalah Palestina.”

Selain itu, pernyataan tersebut mencatat bahwa GCRL: “Dengan tegas mengutuk serangan teroris, menyatakan solidaritas penuhnya dengan para korban, dan menekankan pentingnya menuntut pelaku penyerangan ini sesuai dengan hukum,” tetapi pada saat yang sama, ia “mencela segala upaya untuk menggunakan kejadian ini untuk melakukan pelanggaran diskriminatif atas dasar agama atau kepercayaan. ”

GCRL menyatakan: “Keprihatinannya atas tindakan pembubaran asosiasi dan penutupan masjid tanpa alasan hukum yang bermotif politik karena menganggapnya sebagai bentuk hukuman kolektif.”

Menyimpulkan pernyataan tersebut, dewan meminta pemerintah Austria: “Untuk meninjau prosedur dan keputusan yang melanggar hak asasi manusia dan hukum, untuk menyelidiki pelanggaran yang dilakukan oleh otoritas keamanan, dan untuk menghentikan tindakan keras yang bersifat politik atau kebebasan berekspresi atau keyakinan.”

Komentar