Kembali ! Putin Selamat dari Percobaan Pembunuhan, Kronologinya…?

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan selamat dari upaya pembunuhan, menurut sebuah laporan di Euro Weekly News pekan ini. Dikatakan bahwa informasi itu dirilis di saluran Telegram General GVR.

Menurut akun di saluran Telegram, Euro Weekly melaporkan roda depan kiri limusin Putin terkena ledakan keras, menambahkan bahwa mobil itu dengan cepat didorong ke tempat yang aman bahkan ketika asap keluar darinya.

Presiden Rusia tidak terluka dalam insiden itu, tetapi outlet tersebut mengatakan bahwa sejumlah penangkapan telah dilakukan.

Outlet berita lain seperti News.co.au juga melaporkan tentang insiden tersebut, mengatakan bahwa Putin sedang dalam perjalanan kembali ke kediaman resminya dengan iring-iringan umpan di tengah masalah keamanan.

“Dalam perjalanan ke kediaman, beberapa kilometer jauhnya, mobil pengawal pertama dihadang oleh ambulans, mobil pengawal kedua melaju tanpa henti (karena) rintangan tiba-tiba, dan saat memutar rintangan,” menurut pembaruan yang di-posting di saluran seperti yang dilaporkan oleh outlet, dikutip melalui NDTV.

Namun, outlet tersebut menambahkan bahwa tidak diketahui kapan upaya itu terjadi. Tetapi desas-desusnya ini terjadi seminggu setelah sekelompok politisi dari St Petersburg mengajukan banding ke Duma Negara untuk mengajukan tuduhan pengkhianatan negara terhadap Putin dan melucuti kekuasaannya, mengutip serangkaian alasan termasuk kerugian militer Rusia di Ukraina dan kerusakan ekonominya dari sanksi Barat.

Deputi lokal lainnya mengatakan 65 perwakilan kota dari St Petersburg, Moskow dan beberapa daerah lain telah menandatangani petisi yang dia terbitkan pada Senin menyerukan pengunduran diri Putin.

Desas-desus seputar kesehatan dan ancaman kehidupan Putin telah beredar sejak Rusia menyerang Ukraina pada Februari 2022 lalu. Sejauh menyangkut Presiden Rusia, secara terbuka mengungkapkan pada tahun 2017 bahwa dia telah selamat dari setidaknya lima upaya pembunuhan.

Dengan insiden ini, Putin bahwa kini diyakini selamat dari tujuh upaya pembunuhan setelah laporan limusinnya diduga diserang awal pekan ini.

Kremlin sendiri telah membantah desas-desus tentang serangan terhadap presiden Rusia. Ditanya apakah ini akurat, juru bicara Dmitry Peskov menjawab dengan ‘tidak’, sebagaimana dilaporkan media pemerintah Rusia.

Komentar