Krisis..? Inggris Padam Listrik Besar-besaran, Berdampat Ribuan Rumah Mati Lampu

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Beberapa wilayah di Inggris dilaporkan mengalami pemadaman listrik Minggu malam waktu setempat. Hal ini merupakan pemadaman besar pertama yang terjadi di negara itu sejak 2019 lalu.

Dalam laporan Express dikutip Senin (8/8/2022), pemadaman listrik dilaporkan terjadi di wilayah Tenggara Inggris yang juga mencakup ibu kota London. Di Essex misalnya, 514 rumah tangga terkena dampak pemadaman listrik, termasuk di kota Chelmsford, yang kabarnya listriknya telah pulih pada pukul 07:38 pagi.

Di satu daerah wilayah Surrey, desa Mayford, 459 pelanggan dilaporkan terpengaruh pemadaman listrik di 16 kode pos. Di Suffolk, 58 rumah tangga terkena dampak pemadaman di sejumlah daerah di pinggiran Ipswich.

Sejumlah daerah di London Raya juga terpengaruh. Wilayah itu termasuk Beckenham, Eltham, East Ham, Hornchurch dan Enfield.

UK Power Networks melaporkan bahwa lebih dari 3.000 pelanggan secara total terpengaruh oleh pemadaman listrik di seluruh wilayah. Hal ini sendiri diakibatkan oleh kerusakan jaringan kabel bawah tanah.

“Kesalahan yang terjadi pada kabel listrik bawah tanah yang mempengaruhi beberapa daerah (Tenggara Inggris),” ujar situs UK Power Networks.

Pemadaman listrik di Inggris sekarang sangat jarang terjadi. Ini merupakan perubahan yang signifikan bila dibandingkan pada hari-hari tahun 1970-an ketika ada pemadaman listrik merupakan hal yang biasa.

Tetapi pemadaman lokal masih terjadi karena beberapa alasan. Misalnya, kecelakaan alam seperti sambaran petir, banjir dan pohon tumbang dapat menyebabkan kerusakan pada kabel dan peralatan.

Kontraktor juga mungkin merusak kabel saat mengerjakan peralatan dalam beberapa kasus.

Bila kasus ini seperti ini terjadi, pelanggan Inggris mungkin bisa mendapatkan kompensasi ketika pasokan listrik atau gas mereka padam. Dalam pemadaman listrik, adalah tanggung jawab operator jaringan untuk memperbaiki pemutusan dan membayar kompensasi.

Komentar