Laporan : Iran Telah Mempersenjatai Pasukannya Di Suriah Timur Dengan Putaran Artileri Dipandu Laser Rusia

Jurnalpatrolinews – Deir ez’Zor : Iran telah mempersenjatai pasukannya di gubernur Suriah timur Deir Ezzor dengan peluru artileri dipandu 2K25 Krasnopol buatan Rusia, Annahar al-Arabi melaporkan pada 10 Maret, mengutip sejumlah sumber Suriah.

Menurut outlet berita yang berbasis di Beirut, pasukan yang didukung Iran di selatan Deir Ezzor baru-baru ini menerima kiriman peluru berpemandu laser.

Pasukan yang didukung Iran dilaporkan mengadakan kursus pelatihan tentang penggunaan sistem Krasnopol di dekat kota Sabikhan. Sekitar 70 pejuang menghadiri kursus tersebut.

Sebagian besar senjata artileri 152 mm dapat menembakkan Krasnopol 2K25 yang dipandu oleh laser semi-aktif. Putaran lanjutan memiliki jangkauan 20 km dan dapat mencapai targetnya, yang dapat diterangi dari tanah di udara, dengan akurasi yang tepat.

Sistem Krasnopol pernah terlihat dengan pasukan Iran di Suriah sebelumnya. Sebuah video yang menunjukkan penasihat militer Iran menembakkan beberapa peluru 2K25 Krasnopol ke posisi militan di Aleppo muncul online awal tahun ini.

Sistem senjata berpemandu presisi kemungkinan akan digunakan oleh pasukan yang didukung Iranina untuk menetralkan tempat persembunyian dan peralatan ISIS di Deir Ezzor barat.

Kemampuan Iran untuk mengirimkan sistem canggih seperti itu kepada pasukannya di Deir Ezzor merupakan pukulan telak bagi Israel. Sejauh ini, Tel Aviv gagal menghentikan pengiriman senjata Iran ke Suriah.  (***/. dd -sthfrnt)

Komentar