Laporan PBB : Pemimpin Al-Qaeda di Yaman Ditahan

  • Whatsapp
Tangkapan gambar yang diambil dari video yang dirilis oleh Al-Malahem Media, cabang media Al-Qaeda di Jazirah Arab (AQAP), memperlihatkan Khaled Batarfi dalam video yang diposting online pada 15 Juni 2015 (Foto : AFP)

Jurnalpatrolinews – New York : Pemimpin afiliasi Al-Qaeda Yaman telah ditahan selama beberapa bulan, menurut laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dirilis pada hari Kamis.

Dokumen tersebut mengatakan Khalid Batarfi, pemimpin Al-Qaeda di Jazirah Arab (AQAP) selama kurang dari satu tahun, ditangkap dan wakilnya, Saad Atef al-Awlaqi, meninggal dalam operasi “di Kota Ghayda, Kegubernuran Al-Mahrah pada bulan Oktober.”

BACA JUGA :

Laporan – diajukan ke Dewan Keamanan dari tim pemantau PBB yang mengkhususkan diri pada kelompok ekstremis – adalah konfirmasi resmi pertama penangkapan Batarfi setelah laporan yang tidak diverifikasi.

Dokumen berskala luas, yang merangkum potensi ancaman jihadis global, tidak mengungkapkan keberadaan militan atau mengungkapkan rincian lebih lanjut dari operasi Oktober.

Tetapi SITE Intelligence Group mencatat “laporan yang belum dikonfirmasi” pada bulan Oktober bahwa Batarfi telah ditangkap oleh pasukan keamanan Yaman dan kemudian diserahkan ke Arab Saudi.

Pos terkait