Libatkan 2000 Tentara, Pasukan NATO Gelar Latihan Gabungan di Polandia Utara

JurnalPatroliNews – KLUSY – Pasukan NATO ambil bagian dalam latihan di Polandia utara pada Jumat (25/11/2022). Latihan perang ini berlangsung di area yang sangat penting bagi keamanan sayap timur aliansi itu. 

Celah Suwalki, daerah berpenduduk jarang di wilayah Polandia yang terletak di antara Belarus dan eksklave Rusia Kaliningrad, memiliki kepentingan strategis karena pengambilalihannya oleh Rusia akan mengisolasi negara-negara Baltik dari NATO lainnya.

Polandia telah meningkatkan angkatan bersenjatanya dalam menanggapi invasi Rusia ke Ukraina dan berencana untuk meningkatkan pengeluaran pertahanan hingga 3% dari produk domestik bruto (PDB).

 “Sebagai bagian dari latihan ini, ada latihan yang dirumuskan berdasarkan pengalaman dan pengamatan kami di medan perang di Ukraina,” kata Menteri Pertahanan Polandia, Mariusz Blaszczak, seperti dikutip dari Reuters. 

“Kami tahu metode apa yang digunakan Rusia dan metode (pertahanan) apa yang efektif,” lanjutnya. 

Latihan TUMAK-22 melibatkan 2.000 tentara dari angkatan darat dan udara, kata Kementerian Pertahanan Polandia. Mereka juga melibatkan lebih dari 1.000 buah peralatan tempur dan pendukung logistik.

Pada hari bersalju, latihan termasuk berlatih menyeberangi air dan mendarat. Ledakan terdengar di Danau Kepno dekat desa Klusy saat serangan simulasi dimulai.

 “Apa yang terjadi hari ini di Danau Kepno adalah bagian dari latihan yang lebih besar yang telah berlangsung selama beberapa minggu,” kata Kolonel Tomasz Biedziak.

 Latihan itu melibatkan lusinan tentara Polandia dan sekutu menyeberangi air dengan kendaraan militer dengan pengangkut amfibi, sementara pasukan AS di tank Abrams melakukan simulasi mengejar musuh.