Lintas Perairan Akan Ditutup, China Mau Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan

Foto: mod.go.cn

JurnalPatroliNews – Jakarta,- China akan mengadakan latihan angkatan laut di Laut China Selatan (LCS) pada Sabtu (28/5/2022). Latihan tersebut akan berlangsung kurang dari 25 km di lepas pantai provinsi Hainan, China selatan.

“Latihan militer akan diadakan dan area akan ditutup,” kata administrasi Keselamatan Maritim, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (27/5/2022).

Bacaan Lainnya

Adapun, area yang ditutup seluas 100 km persegi. Lalu lintas perairan pun akan ditutup selama 5 jam.

China secara rutin melakukan latihan serupa di perairan dekat pantainya. Latihan di daerah lain di laut dekat Hainan juga dijadwalkan berlangsung pada minggu depan, serta beberapa latihan lainnya di sepanjang garis pantai timur negara itu.

Rencana ini dilakukan setelah adanya tudingan dari Barat atas ambisi militer negaranya di seluruh kawasan Pasifik, di mana Amerika Serikat (AS) memimpin peringatan atas kehadiran militer dan ekonomi China di wilayah dari Laut China Selatan hingga Kepulauan Pasifik.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga menuduh Beijing meningkatkan ketegangan atas Taiwan, yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya.

“Beijing telah terlibat dalam retorika dan aktivitas yang semakin provokatif seperti menerbangkan pesawat PLA di dekat Taiwan hampir setiap hari,” kata Blinken dalam sebuah pidato, mengacu pada Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Pos terkait