Mahar Untuk Palestina

Bang Sholeh perhatikanĀ  bininye sudah beberapa hariĀ  murung terus. Bagaikan awan gelap yang mau turun hujan. Bang Soleh heran, perasaan THR sudah, beli baju lebaran sudah. Apa mungkin kecewa karena nga bisa mudik ye? Pikir Bang Soleh.Ā  Diam diam dia lirik istrinya yang sedang nyapu maklum lebaran gini pembatu cuti.

“Dek, kenapa sih diam terus, kagak biasenye begini?” tanya Bang Soleh kepo. Leha tak menjawab ia pura pura serius nyapu. Ā Bang Soleh bertanya lagi, “Dek cerita dong kalau ade masalah jangan cemberut gitu, jadi lebih tua 10 tahun,ā€ canda Bang Soleh.

Leha berhenti menyapu lalu duduk disamping suaminya, “kagak ade ape ape Bang, aye hanya lagi banyak pikiran,ā€ jawab leha. “Mikirin ape Dek, cerita dong barangkali suamimu ini bisa mencari solusi,ā€ desak Bang Sholeh bagaikan pahlawan kesiangan.

“Aye sedih Bang lihat vidio tentang kebiadaban zionis Israel terhadap rakyat Palestina, kasian Bang anak anak kecil pade mati ditembakin. Salah ape coba anak anak itu. Ya.. Allah kejam banget Bang, belum lagi ibu ibu PalestinaĀ  banyak yang kena rudal dan tembakan zionis Bang, bahkan mereka lagi sholat di tembakin Bang, seperti nembakin tikus got Bang. Astagfirullah Bang, kasian Bang kalau aye jadi Presiden atau mentri pertahanan aye pasti bantu Bang kirim tentara ke Palestina. Mengapa dunia membiarkan kebiadaban ini Bang. Israel ituĀ  kan awalnya pendatang kok malah sekarang berkuasa Baaang dan mau mengusir yang punya rumah Baaang.”

Akhirnya pertahanan Leha jebol juga, ia muntahkan isi hatinya yang sudah beberapa hari ia pendam dan biasalah namanya perempuan kalau sudah bicara bagaikan petasan susah berhenti. Bang Soleh hanya melongo kagak percaya bahwa yang buat wajah istrinya mendung karena memikirkan rakyat Palestina. “Ya ampunĀ  De, abang kira ada masalah serius taunya masalah Palestina.”

Belum sempat Bang Soleh meneruskan ucapannya langsung disamber Leha, “Maksud Abang masalah Palestina masalah kecil gitu?, ngga perlu dipikirkan?Ā  Sudah ngga kehitung Bang yang mati, aye sedih karena mereka manusia Bang, hak hidup mereka dirampas, apalagi anak anak yang tak bersalah. Ini masalah besar Bang, apalagi disana ada Baitul Magdis masjidil Aqso kiblat ummat Islam Pertama. Kita nga boleh cuek Bang, dimana rasa solidaritas kita Bang?” Leha nyerocos terus.

“Terus kite kudu bagaimane Dek? Selain berdoa apa yang kita lakukan, kita bukan politikus yang bisa gerakkan masa bukan juga mentri apalagi Presiden, lah Presiden aje belum ngomong mana mungkin omongan kite didengar Dek..” Bang Soleh berusaha menenangkan istrinya.

“Ngga cukup dengan doa Bang, mereka butuh makan, butuh obat dan semua itu harus pake duit.Ā  Bagaimana mereka bisa cari duit kalau hidup dalam ketakutan dan ancaman.Ā  Mereka di jajah Bang, jadi kite kudu bantu dengan harta juga. Paling tidak Allah lihat bahwa kita nga ngomong doang tapi ada pengorbanan untuk membela muslim Palestina yang dianiya Bang…” Leha mulai baper wajahnya memerah dan airmatanya pun mengalir, lalu dengan terbata bata leha berkata,”Bang, maafin aye yaa, janji ya Bang, abang nga akan marah,ā€ tanya Leha sambil berlutut di kaki suaminya.

Bang Soleh makin penasaran dengan cepat menggelengkan kepalanya, ” Ada apa sih? Kok perasaan abang jadi ngga enak nih?” tanya Bang Soleh makin kepo. Leha menatap suaminya airmatanya bagaikan banjir bandang, “Bang mahar yang abang berikan saat kita menikah, cincin kawin kite Bang, aye donasikan untuk Palestina. Waktu galang dana kemarinĀ  di Majlis Taklim Arafah, ade syech dari Palestina Bang, aye kagak bawa uang Bang, cincin itu aye masukkan ke sorbannya syech Bang. Maafin aye Bang, aye ngaku salah, aye benar benar nga tahan melihat penderitaan rakyat Palestina Bang…” Leha menangis sejadi jadinya, ia takut suaminya marah.

Namun reaksi Bang Soleh sungguh diluar dugaannya,Ā  sambil memeluk istrinya Bang soleh dengan lembut berbisik, “Dek mengapa harus marah? Mahar itu milikmu seutuhnya, adek mau jual kek mau disumbangkan kek. Apalagi untuk menolong rakyat Palestina, justru Abang bangga, Insha Allah kalau ada rezeki Abang belikan lagi. Sudah jangan sedih harus ikhlas, kita tidak bisa ikut berjuang di Palestina namun dengan menyumbang sama saja kita berjuang..” Bang Soleh terus mengelus rambut istrinya.

Mendengar pernyataan suaminya Leha makin keras tangisnya. “Iyee Bang kasihan Bang, bagaimana kalau anak anak kite seperti anak anak Palestina yang ditembakin, terimakasih Bang, mau ngerti. Inilah yang buat aye makin cinteee ame Abang, Abang suami paling TOP sedunia..” kata Leha sambil memeluk erat suaminya.

Bang Soleh membalas erat pelukan istrinya sambil berbisik, “Dek, harte kite yang sesungguhnye ape yang kite sedekahkan di jalan Allah bukan ape yang kita makan dan yang kite pakai. Abang bangga, abang makin sayaaaang sama adek. Semoga Mahar itu bisa jadi saksi kelak bahwa kite kagak diam kite juga berjuang menjaga Masjidil Aqso membela rakyat Palestina…” Bisik Bang Soleh tak terasa matanya basah. Yaa.. Bang Soleh menangis.

Sidoarjo, 15 Mei 21

Elva Tazar

Penulis Novel Amak untuk rakyat Palestina..

Ig@elvatazar

Komentar