Malapetaka Kebakaran Hutan Melanda Kanada, Warga Dievakuasi

JurnalPatroliNews – Kanada – Kanada dilanda kebakaran hutan besar pertama pada musim ini. Bencana tersebut telah menyebar ke sekitar 10.000 hektare di seluruh Kanada Barat sejak Minggu (12/5/2024).

Laporan Reuters bahwa ribuan warga di British Columbia, termasuk di Kotamadya Regional Rockies Utara dan Fort Nelson First Nations, telah dievakuasi dari rumah mereka. Penyebab dari peningkatan dramatis ini adalah kobaran api yang hampir dua kali lipatnya mencapai 4.136 hektar.

Komunitas Fort Nelson First Nation, yang terletak sekitar 7 kilometer dari kota, juga telah mengeluarkan perintah evakuasi bagi penduduk Fontas, sebuah komunitas Pribumi di wilayah tersebut.

Rob Fraser, Wali Kota Regional Rockies Utara, dalam sebuah wawancara televisi menyatakan bahwa sebagian besar dari sekitar 3.500 penduduk yang tinggal di dan sekitar Fort Nelson telah dievakuasi. Ia menambahkan bahwa kebakaran ini dipicu oleh pohon yang tumbang akibat angin kencang yang juga menyebabkan gangguan pada jaringan listrik.

Di seberang perbatasan di Alberta, penduduk Fort McMurray, pusat industri minyak yang sebelumnya mengalami kerusakan parah akibat kebakaran hutan pada tahun 2016, kembali diminta untuk bersiap-siap untuk meninggalkan wilayah tersebut.

Di Alberta, dua kebakaran hutan telah mencapai tingkat ekstrim dan di luar kendali, mencatat 43 titik api aktif, termasuk satu kebakaran yang berjarak 16 kilometer barat daya dari Fort McMurray. Luasnya wilayah yang terbakar secara signifikan meningkat selama akhir pekan menjadi 5.500 hektar, jauh lebih besar dari yang dilaporkan pada hari Jumat sebelumnya.

Pihak berwenang mengatakan bahwa meskipun pada hari Minggu api telah mereda sedikit, diperkirakan akan meningkat lagi seiring dengan kenaikan suhu yang diantisipasi. Angin dari arah tenggara juga diperkirakan akan mendorong api menjauh dari jalan raya utama dan menuju Sungai Athabasca.

Di Alberta, pihak berwenang melaporkan bahwa enam tim petugas pemadam kebakaran hutan belantara, 13 helikopter, dan pesawat tanker udara sedang berupaya untuk mengendalikan api pada hari Minggu.

Peringatan evakuasi telah diberlakukan di Fort McMurray, Saprae Creek Estates, dan kemudian diperluas ke Gregoire Lake Estates dan Rickards Landing Industrial Park. Meskipun tidak ada ancaman langsung terhadap komunitas-komunitas ini, peringatan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa warga siap untuk meninggalkan tempat tinggal mereka jika kondisi berubah memburuk.

Pemerintah federal telah memperingatkan bahwa Kanada berpotensi menghadapi musim kebakaran hutan yang parah lagi. Diprediksi bahwa suhu musim semi dan musim panas akan lebih tinggi dari biasanya di sebagian besar wilayah, dipicu oleh kondisi cuaca El Nino.

Kanada telah mengalami salah satu musim dingin terhangat dalam sejarahnya, yang juga ditandai dengan rendahnya tingkat salju. Hal ini meningkatkan kekhawatiran akan kebakaran hutan dan lahan liar di tengah kondisi kekeringan yang berlanjut selama musim panas.

Komentar