Mantan Ayatollah Iran Menyerukan Diakhirinya Permusuhan Dengan Israel

Jurnalpatrolinews – Teheran : Seorang mantan ulama senior Iran berbicara dengan media Israel untuk pertama kalinya dari Teheran, menyerukan diakhirinya permusuhan antara kedua negara dan mengatakan bahwa pembicaraan yang sering dilakukan Republik Islam tentang niat mereka untuk menghancurkan Israel adalah “serius”.

Ayatollah Abdol-Hamid Masoumi-Tehrani, seorang tokoh oposisi saat ini yang gelar “ayatollah” dicabut oleh Teheran karena perselisihan dengan rezim, mengatakan kepada berita Channel 12 Israel bahwa dia “tidak memiliki masalah” dengan negara Yahudi.

“Sudah waktunya bagi rezim Iran untuk berhenti menciptakan musuh yang tidak ada,” kata mantan ayatollah itu.

“Orang Iran dan Yahudi memiliki persahabatan bertahun-tahun, saya belum pernah bertemu orang Iran yang memiliki pendapat negatif tentang Israel,” katanya.

Mantan tokoh agama itu mengaku bahwa keinginan lamanya adalah melakukan perjalanan ke Yerusalem dan “berdoa di Tembok Barat”.

Tehrani juga menambahkan bahwa sejak 1980-an, Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei telah berusaha untuk “menghancurkan” negara itu.

Menurut tokoh oposisi, Republik Islam adalah “kediktatoran yang melumpuhkan perbedaan pendapat dan kebebasan berekspresi.”

“Dengan pertolongan Tuhan, jika saya tetap hidup, saya ingin melihat hari ketika permusuhan tidak logis antara Iran dan Israel akan berakhir,” pungkasnya.

Komentar